Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ternyata Hasrat Bunuh Diri Dapat Dipicu Dari Konsumsi Miras Berlebihan

berikut ini penjelasan mengapa hasrat bunuh diri muncul akibat konsumsi miras berlebihan

0

FENOMAGZ – Sebuah penelitian dari Cornell University Medical Collage di New York melaporkan bahwa lebih dari lima puluh persen dari total bunuh diri di dunia terkait dengan kecanduan minuman keras dan obat-obatan terlarang. Risiko percobaan bunuh diri bahkan diketahui 120 kali lebih tinggi dialami oleh orang dewasa yang kecanduan miras daripada orang dewasa yang tidak.

Baca juga: 5 Risiko Berbahaya Meniru Adegan Seks Dari Film Porno

Alkohol adalah zat depresan, yang menekan susunan saraf pusat sehingga memunculkan gejala depresi. Lambat laun, kebiasaan minum minuman keras dalan jumlah  berlebihan dalam jangka dapat merusak fungsi otak.

Pada akhirnya, hal ini benar-benar dapat menyebabkan kecemasan hebat dan depresi. Dua gangguan mental ini merupakan pemicu utama dan tersering dari keinginan bunuh diri. Bila Anda minum terlalu banyak, Anda cenderung membuat keputusan yang buruk atau bertindak berdasarkan dorongan hati.

Namun begitu, pada kebanyakan kasus depresi seringnya datang lebih dulu daripada kebiasaan minum-minuman keras. Hampir sepertiga orang yang lebih dulu memiliki depresi berat kemudian mengembangkan masalah ketergantungan alkohol. Bahkan sejumlah penelitian melaporkan bahwa remaja yang mengalami depresi berat dua kali lebih rentan untuk mulai minum-minuman miras, ketimbang remaja yang tidak menderita depresi.

Jika seseorang yang menderita depresi minum alkohol, gejala depresinya bisa makin memburuk sehingga cenderung berpikiran bunuh diri. Terlebih, efek alkohol membuat orang bertindak spontan dan tidak berpikir panjang (implusif), sehingga pemikiran bunuh diri yang sudah ada sebelumnya mungkin semakin menjadi-jadi dan dibuat nyata setelah dibantu dengan minuman keras. (fmz/bb)

Baca juga:   Kentut Saat Berhubungan Seks, Apakah Ini Normal?
Comments
Loading...