advertisement

Ternyata Makan Singkong Mentah Bisa Sebabkan Keracunan Sianida

berikut ini penjelasan mengapa singkong tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah

judi

FENOMAGZ – Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan singkong. Bahkan, di beberapa daerah di Indonesia, singkong dijadikan sebagai makanan pokok. Namun, tahukah Anda jika terlalu banyak makan singkong akan meningkatkan risiko keracunan sianida? Mengapa bisa seperti itu?

Baca juga: Siapa Bilang Gaya Bercinta BDSM Tidak Memiliki Manfaat?

Singkong bisa berbahaya jika di konsumsi dalam keadaan mentah dan dalam jumlah yang terlalu banyak. Pasalnya, singkong mentah menghasilkan sianida dalam bentuk senyawa glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin.

Kandungan senyawa glikosida sianogenik pada singkong memang dalam jumlah yang sangat kecil dan relatif tidak beracun, tapi proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh manusia bisa mengurainya menjadi hidrogen sianida, salah satu bentuk racun sianida yang paling beracun.

Racun tersebut akan menghambat kerja sitokom oksidase, yakni enzim dalam mitokondria yang berfungsi mengikat oksigen untuk memenuhi kebutuhan pernapasan sel-sel tubuh. Nah, jika enzim tersebut tidak bekerja karena dihambat oleh racun sianida, sel-sel tubuh Anda akan mengalami kematian.

Keracunan sianida berakibat buruk pada sistem jantung dan pembuluh darah, termasuk peningkatan tahanan pembuluh darah dan tekanan darah di dalam otak, sistem pernapasan, dan sistem sususan saraf pusat. Tidak hanya itu, sistem endokrin juga biasanya terganggu pada keracunan sianida kronis.

Jadi, jika singkong dimakan dalam jumlah banyak ditambah dengan cara pengolahan yang tidak benar, hal tersebut akan meningkatkan risiko keracunan sianida yang bisa mengganggu fungsi tiroid dan saraf. Ini tidak hanya akan menyebabkan kelumpuhan dan kerusakan organ, namun juga bisa berakibat fatal seperti kematian. (fmz/bb)

Comments
Loading...