Tidak Ingin Stress? Bangun Tidurlah di Jam Ini Setiap Hari

berikut ini waktu bangun tidur yang baik menurut pakar kesehatan

FENOMAGZ – Karena berbagai macam kesibukan, rutinitas, dan berbagai permasalahan hidup, cukup banyak orang yang akhirnya terkena stress. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika stress membukan jalan bagi gaya hidup yang tidak sehat sehingga akhirnya bisa mempengaruhi kesehatan kita.

Baca juga: 5 Hal Yang Paling Sering Ditanyakan Seputar Mimpi Basah

Sebagai contoh, stress mengganggu kualitas tidur hingga membuat kita lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat. Jika hal ini dibiarkan, kita pun akan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit.

Untuk mengatasi stress ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengambil waktu istirahat, mulai rajin berolahraga di alam terbuka dan menyempatkan waktu untuk berlibur. Hanya saja, ada cara lain yang jauh lebih mudah untuk dilakukan untuk mengatasi stress. Cara tersebut adalah dengan tidur sebelum matahari terbit.

Menurut pakar kesehatan, jika kita rutin bangun di pagi hari sebelum matahari terbit, kita masih bisa menikmati waktu luang dan belum di sibukkan oleh berbagai macam hal. Di waktu inilah kita bisa menemukan keheningan dan ketenangan yang bisa kita maksimalkan untuk melakukan ibadah, meditasi, dan berpikir hal-hal yang positif. Dengan melakukan hal ini, berbagai kesibukan harian pun akan terasa menjadi lebih ringan.

Dalam sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan pada tahun 2012 dan dipublikasikan dalam jurnal berjudul Emotion, disebutkan bahwa mereka yang bangun lebih pagi cenderung memiliki emosi yang jauh lebih positif dan lebih bahagia jika dibandingkan dengan mereka yang kerap bangun kesiangan. Tak hanya itu, mereka yang bangun pagi juga akan cenderung memiliki fisik yang lebih sehat.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita mulai memperbaiki pola tidur kita dengan lebih baik jika mulai merasa penat atau mengalami stress. Cobalah untuk bangun sebelum matahari terbit dan pikiran pun akan menjadi jauh lebih tenang. (fmz/bb)

Comments
Loading...