advertisement

Tidak Sengaja Menghirup Obat Nyamuk Semprot, Apakah Bahaya?

Berikut cara mengenal kandungan berbahaya dalam obat nyamuk

judi

FENOMAGZ – Obat nyamuk adalah salah satu kebutuhan rumah tangga yang sangat membantu. Nah, salah satu jenis obat nyamuk paling praktis dan sering digunakan adalah obat nyamuk semprot.

Meski sangat berguna, telah banyak diketahui kalau obat nyamuk punya bahaya tersendiri yang bisa membahayakan tubuh, terlebih ketika dihirup. Apa saja kandungan bahaya menghirup obat nyamuk semprot untuk kesehatan.

Berikut cara mengenal kandungan berbahaya dalam obat nyamuk:

Pyrethrum

Zat pyrethrum dalam obat nyamuk semprot merupakan zat yang terkandung dalam sari bunga krisan. Pengambilan zat ini dilakukan dengan cara mengeringkan bungan krisan kemudian mengekstrak sarinya.

Baca juga: 4 Museum Kekinian Di Tahun 2017, Salah Satunya Terletak Di Indonesia

Pyrethrum ini juga sudah dikenal sejak lama dan dipercaya sebagai obat pembunuh serangga. Jika zat ini masuk atau terserap ke tubuh secara terus menerus atau dalam dosis yang banyak, bisa menyebabkan kerusakan sistem saraf serta menurunkan kekebalan tubuh.

Deet

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Development Research di Perancis dalam jurnal BMC Biology, mengemukakan bahwa DEET yang ada dalam obat nyamuk bisa berbahaya.

Deet atau diethyltoluamide diketahui berpotensi mengganggu aktivitas enzim yang penting agar sistem saraf berfungsi dengan baik. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa DEET menghambat enzim cholinesterase. Enzim tersebut penting untuk menghantarkan pesan dari otak ke otot-otot serangga.

DEET merupakan zat berbahaya yang terkandung dalam obat nyamuk semprot. Zat ini bisa di kategorikan berbahaya bagi kesehatan dikarenakan sifat korosifnya. Bahaya yang timbul diantaranya yaitu bisa membuat kulit iritasi. Kalau sampai kena mata akan lebih berbahaya lagi karena bisa menyebabkan luka bakar pada mata. (fmz/bb)

Comments
Loading...