Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Cara Mencegah Tidur Siang

0

Masalahnya, di zaman yang serba sibuk sekarang ini, persaingan bisnis dan dunia kerja tidak lagi mengizinkan kita untuk ngorok di siang hari

mencegah

FENOMAGZ – Bagi mereka yang lahir di tahun 80-an sampai 90-an pasti ingat dengan kebiasaan tidur siang yang ditanamkan hampir semua orangtua generasi saat itu, entah untuk alasan apa. Tidak sedikit bahkan bocah-bocah lugu waktu itu yang menjadi korban pemaksaan budaya tidur siang oleh orangtuanya, sampai harus mendapat larangan keluar rumah atau main game Sega kalau tidak tidur siang (tanpa bermaksud curcol). Kebiasaan yang tertanam sejak kecil itu kemudian jadi sulit hilang bahkan ketika kita sudah dewasa dan sudah bekerja. Masalahnya, di zaman yang serba sibuk sekarang ini, persaingan bisnis dan dunia kerja tidak lagi mengizinkan kita untuk ngorok di siang hari.

Kebiasaan tidur siang membuat kita menjadi mengantuk di siang hari, di saat sebenarnya kita harus berkonsentrasi pada pekerjaan. Bukan hanya itu, pola hidup kita saat ini membuat kebiasaan tidur siang bisa menyebabkan insomnia ataupun kesulitan mendapatkan tidur berkualitas di malam hari. Kalau kamu juga kesulitan menghilangkan kebiasaan tidur siang, tips yang akan saya berikan pasti bisa membantu.

Mencegah rasa kantuk di siang hari bisa dilakukan dengan beberapa cara. Hasil yang dicapai setiap orang dari masing-masing tips bisa saja berbeda, maka untuk amannya saya berikan 15 cara mengatasi dan mencegah mengantuk di siang hari. Tipsnya antara lai

1. Tidur Malam yang Berkualitas
Tidur berkualitas dibutuhkan untuk bisa tetap segar di siang hari. Tidur yang berkualitas ini juga harus dibarengi dengan jumlah waktu tidur yang cukup, karena walaupun berkualitas tidur 1 jam sehari saja tentu akan membuat kamu pingsan disiang hari. Jadi tetapkan jadwal tidur kamu dengan tegas dan dapatkan tidur yang cukup dan nyenyak untuk mencegah kantuk siang hari.

2. Cegah Insomnia
Insomnia adalah alasan paling umum seseorang membutuhkan tidur siang. Tidak hanya tidur siang saja sebenarnya. Ketika kamu kesulitan tidur di malam hari, kamu akan berusaha menggantikannya kapanpun kamu merasa mengantuk. Bisa saja pagi hari, siang hari ataupun sore hari. Ini tentu saja tidak sehat dan justru semakin memperburuk kinerja dan kondisi kesehatan kamu. Untuk mencegah insomnia, pelajari dulu penyebab insomnia yang paling umum terjadi pada semua orang.

3. Pola Makan Sehat
Apa yang kamu makan dan kapan kamu memakannya secara tidak langsung juga mempengaruhi pola tidur. Pola makan yang tidak sehat, mulai dari menu makanan yang buruk serta waktu makan yang super acak akan membuat kamu mengantuk tidak pada waktunya. Salah satu yang paling penting untuk diingat adalah menghindari kebiasaan ngemil makanan manis.

4. Olahraga Rutin
Olahraga yang teratur atau rutin pada dasarnya adalah tiket kamu untuk bisa hidup sehat lebih lama. Bergerak adalah bagian dari kebutuhan dasar tubuh manusia. Memenuhi kebutuhan ini dengan porsi yang cukup akan membuat metabolisme kamu semakin lancar, membuat tubuh dan organ-organnya berfungsi secara maksimal. Secara tidak langsung, efek ini membuat pola tidur kamu jauh lebih teratur dari sebelumnya. Jadi please mas bro dan mbak sis, berolahragalah!

Baca juga:   Ini Kebiasaan yang Membuat Anda Cepat Lapar

5. Hindari Kerja Berat
Ini tidak berarti kamu malas. Tapi bekerja dengan konsentrasi yang konstan dan lama jauh lebih produktif daripada memforsir pikiran dan fisik kamu untuk waktu yang tidak lama. Ketika kamu menghabiskan energi yang tidak perlu saat bekerja, kantuk bisa saja datang lebih cepat dari yang diperkirakan. Kamu kemudian akan menghabiskan sisa shift kamu bekerja seperti zombie. (FMZ/PZ)

Comments
Loading...