Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

0

 Salah satunya adalah wawancara atau sering disebut interview kerja

 

FENOMAGZ – Mendapat pekerjaan yang sesuai passion adalah idaman setiap orang. Untuk memperolehnya, terkadang kita harus melewati berbagai tahapan seleksi, salah satunya adalah wawancara atau sering disebut interview kerja. Biasanya, ada dua tahap wawancara dalam perusahaan, yaitu oleh HRD dan User. Sayangnya, banyak peserta yang gagal dalam tahap ini karena kurangnya persiapan. Nah, kali ini Fenomagz punya lima tips supaya kamu dapat menghadapi wawancara kerja dengan sukses. Here we go!

1. Siapkan ‘Amunisi’
Wawancara adalah tahap dimana perusahaan mengenal calon karyawannya secara personal. Untuk menghadapi itu, penting jika kamu menyiapkan CV dan portofolio. Kenapa? Karena kebanyakan pertanyaan yang diajukan pewawancara adalah seputar kehidupan pribadi.

Ada baiknya juga apabila kamu menyiapkan prediksi pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan saat wawancara. Dengan melakukan ini, kamu akan lebih siap dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan nanti.

2. Datanglah Lebih Awal
Datanglah beberapa menit sebelum waktu wawancara. Spare waktu itu bisa kamu gunakan untuk merilekskan diri atau sekedar ke toilet untuk merapikan penampilan.

Jangan sampai datang terlambat ya! Keterlambatan akan membuatmu terburu-buru sehingga menyebabkan kamu berkeringat dan gugup dalam wawancara. Hal itu akan membuat citra burukmu di awal perjumpaan.

3. Berpenampilan Rapih dan Formal
Dengan melihat kemasan sebuah produk, kita tentu dapat menentukan baik-buruknya. Demikian juga dengan calon karyawan. Penampilan adalah kemasan diri. Apabila kamu datang dengan penampilan yang rapih dan formal, niscaya kesan pertama pewawancara kepadamu akan baik. Sebaliknya, jika kamu datang dengan pakaian yang kusut dan kumal, tentu dianggap kurang menarik.

Baca juga:   Anda Penderita Diabetes? Ini 8 Jenis Buah Yang Aman Anda Konsumsi (1)

4. Jabatlah Tangan dan Ucapkan Salam
Jabatlah tangan pewawacara dengan kuat dan erat. Hal ini bisa mencerminkan kepercayaan diri dan keyakinan diri yang cukup besar. Ucapkanlah salam dengan senyum. Hal ini bisa mencerminkan keramahan kamu.

Hal ini penting, sebab perusahaan pasti tidak menginginkan calon karyawan yang terlihat tidak Pd dan Jutek, terutama jika posisi yang kamu lamar adalah bagian yang berhubungan dengan banyak orang, seperti Public Relation dan resepsionis.

5. Jawab Pertanyaan dengan Jawaban yang Padat dan Jelas
Jawablah pertanyaan pewawancara dengan padat dan jelas. Usahakan jawaban kamu tepat pada pertanyaan dan tidak bertele-tele. Jawaban yang tidak to the point akan menimbulkan kesan bahwa cara kerja kamu tidak tertata.(fmz/pz)

Comments
Loading...