Usir Bosan dan Raih Manfaat Kesehatan dari Alam Terbuka

berikut ini ulasan manfaat dari menghabiskan waktu di alam terbuka

FENOMAGZ – Ketika sedang bosan, sebagain dari kita memilih menghabiskan waktu di rumah, entah itu menonton, bermain game, atau tidur. Meski menyenangkan, ketiga hal tersebut dapat berdampak pada kondisi kesehatan. Jika Anda sedang merasa bosan, cobalah untuk menghabiskan waktu di luar rumah, seperti berkebun atau sekedar jalan sore.

Sains mengatakan bahwa menghabiskan waktu di alam terbuka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

Interaksi dengan alam dapat mengurangi stres

Stres di ketahui memicu atau memperburuk penyakit. Jadi semakin banyak waktu yang Anda habiskan di alam terbuka, akan semakin sehat pula Anda. Studi mengatakan bahwa aktivitas seperti berkebun dapat mengurangi kadar kortisol dan meningkatkan kesehatan.

Baca juga: Hati-Hati Kurang Tidur Ternyata Bikin Libido Seks Wanita Terjun Bebas

Meningkatkan kesehatan mental

Sebuah studi mengatakan bahwa menghabiskan waktu di ruang terbuka juga dapat membantu meningkatkan mood, harga diri, serta kesehatan psikologis secara umum. Pengalaman dengan alam juga bisa mengatasi kecemasan dan depresi yang umumnya di alami individu yang tinggal di kota padat penduduk.

Meningkatkan kemampuan kognitif

Menghabiskan waktu di tengah alam membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan kinerja kognitif. Sebuah penelitian di Finlandia menunjukkan bahwa berlari dan bermain di alam bebas yang indah dapat meningkatkan prestasi akademik anak-anak.

Membantu proses penyembuhan

Sebuah penelitian yang di lakukan pada pasien pascaoperasi dan terbukti bahwa pasien yang menghadapi jendela yang terbuka untuk melihat alam sembuh lebih cepat daripada mereka yang harus melihat dinding bata melalui jendela.

Mencegah kalainan mata

Inilah alasan bagus mengapa anak-anak harus bermain di luar rumah. Kelainan mata seperti miopia atau rabun jauh terutama di sebabkan karena kurangnya paparan sinar matahari. Padahal, paparan cahaya alami di awal kehidupan melindungi anak-anak dari perkembangan miopia. (fmz/bb)

Comments
Loading...