Virus HPV Bisa Sebabkan Kanker Tenggorokan Pada Pria

berikut ini hasil penelitian yang telah dilakukan

Judi

judi

FENOMAGZ – HPV sendiri dikenal sebagai salah satu penyakit kelamin yang paling umum terjadi. Sebagian besar infeksi kerap tidak menyebabkan gejala dan dapat hilang sendiri dengan kekebalan tubuh yang prima. Tetapi, tidak sedikit virus ini akhirnya menyebabkan kanker pada tenggorokan, mulut, anus, penis, serviks, vagina dan vulva, serta saluran pernapasan bagian atas.

Baca juga: Wajarkah Bila Payudara Pasangan Anda Tidak Terpengaruh Rangsangan Seksual?

Namun tidak hanya menjadi penyebab kanker serviks, virus HPV juga ditemukan menjadi penyebab kanker tenggorokan pada pria.

Pria lebih berisiko tinggi mengalami HPV oral saat mereka melakukan hubungan seks oral dengan pasangan yang memiliki infeksi HPV genital. Sekitar satu dari sembilan pria disinyalir memiliki infeksi mulut akibat virus HPV karena oral seks.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, jumlah tersebut tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan tingkat infeksi pada wanita. Diperkirakan sekitar 11 juta pria dan 3,2 juta wanita berusia 69 tahun memiliki infeksi HPV oral.

Menurut Ashish Deskmukh, seorang peneliti kesehatan masyarakat di universitas of Florida di Gainesville, meningkatnya kasus infeksi HPV oral dikalangan pria yang disebabkan oleh oral seks dapat membantu menjelaskan mengapa kanker tenggorokan pada pria sekarang lebih sering terjadi dibandingkan kanker serviks pada wanita. Hal ini juga menunjukkan pentingnya pemberian vaksin HPV pada anak laki-laki dan perempuan untuk menurunkan risiko infeksi HPV genital dan HPV oral.

Vaksin HPV memang direkomendasikan untuk anak-anak pada usia 11 atau 12 tahun yang belum aktif secara seksual untuk menurunkan risiko tertular penyakit ini di masa depan oleh pasangan mereka Dr. Erich Sturgis, seorang peneliti di University of Texas MD Anderson Cancer Center di Houston, yang tidak terlibat dalam penelitian menyebutkan bahwa penelitian ini mengungkapkan kebutuhan akan pencegahan menyebarnya virus HPV dengan memaksimalkan vaksinasi HPV pada remaja dan dewasa muda. (fmz/bb)

Comments
Loading...