Fenomagz
Unleash the Wild Side

Waspada Kondisi ini Bisa Sering Merasakan Lelah

Penyebab utama anda merasa kelelahan mungkin karena waktu tidur yang kurang. Namun, tidur bukan hanya tentang istirahat

0

 

FENOMAGZ – Jangan anggap sepele jika anda tiba-tiba merasakan kelelahan. Itu bisa saja terjadi bukan karena anda melakukan banyak aktivitas.

Ada beberapa alasan mengapa anda merasa kelelahan. Yuk mari kita simak bersama.

Kurang tidur

Penyebab utama anda merasa kelelahan mungkin karena waktu tidur yang kurang. Namun, tidur bukan hanya tentang istirahat. Saat tidur, terjadi beberapa pertumbuhan hormon. Pertumbuhan hormon bisa menyebabkan kelelahan, penurunan kekuatan dan stamina, serta gejala depresi. Karena hormon pertumbuhan di sekresi kan terutama saat tidur, buatlah tujuh setengah jam atau delapan jam waktu tidur memiliki kualitas yang tinggi untuk meningkatkan energi.

Terlalu banyak makan makanan tidak bergizi

Makanan yang mengandung gula memang biasa di konsumsi untuk meningkatkan energi. Namun apabila di konsumsi dalam jangka panjang malah membawa efek negatif yaitu membuat kinerja menjadi lambat. Penelitian menunjukkan bahwa makanan cepat saji juga menyebabkan tubuh merasa lelah.

Kurang minum air putih

Banyak orang tidak menyadari mereka mengalami kelelahan karena mengalami dehidrasi. Segelas air mungkin bisa menjadi suntikan energi. Minumlah air sesuai kebutuhan untuk menjaga kelembaban pada mulut.

Kurang vitamin B

Vitamin b dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Kita bisa mendapatkan vitamin B dalam bentuk cairan atau pil. Tapi 99%, vitamin B tidak cukup dari makanan yang kita konsumsi. Cobalah mengkonsumsi vitamin B di pagi dan sore hari. Hal itu akan menjaga tingkat energi tubuh tetap stabil dan membuat anda bersemangat anda juga perlu memeriksa kadar vitamin B12 dan D yang dimiliki oleh tubuh.

Baca juga:   Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

Perlu banyak gerak

Saat anda bergerak, oksida nitrat dilepaskan dari lapisan orteri sehingga darah bergerak lebih bebas menunjukkan pembuluh darah. Hal itu membantu mendapatkan lebih banyak nutrisi ke sel anda. Tubuh anda merespon tindakan anda. Sehingga ketika anda melakukan  banyak gerakan, anda akan lebih berenergi.

Hormone terganggu

Hormon memang memengaruhi energi yang ada pada tubuh. Sebagai contoh, bila anda merasa lapar, anda mungkin akan merasa cepat tersinggung. Untuk mentasi hal ini, anda harus segera mengisi perut agar mood anda kembali seperti semula. Selain itu, mengisi perut yang kosong juga bisa mengembalikan eneri yang hilang. (fmz/pz)

Comments
Loading...