Yuk, Kenali Gejala Kecanduan Kopi

Dalam takaran wajar, kopi mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Namun apabila seseorang tidak bisa hidup barang sehari tanpa kopi, hal itu perlu diwaspadai

 

FENOMAGZ – Fenomen adalah pecinta kopi? Seberapa sering Anda mengonsumsi kopi? Apakah sampai kecanduan?

Dalam takaran wajar, kopi mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Setiap orang pasti memiliki takaran wajar yang berbeda-beda, tergantung toleransi masing-masing. Secara umum, 3-4 cangkir kopi dalam sehari masih dikategorikan wajar.

Namun apabila seseorang tidak bisa hidup barang sehari tanpa kopi, hal itu perlu diwaspadai. Penting bagi Anda untuk mengenali beberapa gejala yang menandakan bahwa Anda sudah kecanduan kopi agar tidak berlarut-larut.

Apa saja gejala-gejala Anda sudah kecanduan kopi? Berikut ulasannya.

  1. ‘Nyawanya’ ada di kopi

gejala kecanduan kopi

Seorang peminum kopi yang sudah kecanduan biasanya akan sulit untuk bangun pagi jika tidak diiming-imingi kopi. Ibaratnya, kopi menjadi satu-satunya alasan seseorang untuk bangkit dari tempat tidur.

Begitu pula saat di siang hari, rasa kantuk serta hilang bersemangat mudah sekali datang jika tidak tersedia secangkir kopi di meja kerja. Jika sudah demikian, mulailah memikirkan cara untuk mengatasi kecanduan kopi tersebut agar tidak berlarut-larut sehingga menimbulkan masalah kesehatan.

  1. Sakit kepala

gejala kecanduan kopi

Ada beberapa orang yang mengalami gejala kecanduan yang lebih parah dari sekedar mengantuk, yakni sakit kepala. Sehari saja Anda tidak minum kopi, rasanya kepala nyut-nyutan seperti mau pecah. Menurut penelitian, 50 persen peminum kopi pernah mengalami gejala seperti ini, hanya tingkat keparahannya saja yang berbeda-beda.

  1. Susah konsentrasi

gejala kecanduan kopi

Gejala lain yang kerap muncul saat seseorang mulai kecanduan kopi yaitu susah fokus dan konsentrasi. Pada kasus yang lebih ekstrem, seseorang tidak akan bisa bekerja dengan optimal sebelum menyeruput kopi. Bahkan kopi yang paling tidak enak sekalipun masih lebih baik dibandingkan tidak ada sama sekali.

  1. Gelisah

gejala kecanduan kopi

Anda sering gelisah dan uring-uringan jika tidak minum kopi? Hati-hati, kebiasaan minum kopi tidak seharusnya menjadi penentu mood atau suasana hati Anda. Secangkir kopi yang enak memang bagus sebagai ‘mood-booster’. Akan tetapi, jika Anda sama sekali tidak bisa merasa gembira ketika tidak minum kopi, berarti Anda sudah mulai kertergantungan.

  1. Tidak enak badan

gejala kecanduan kopi

Gejala seperti hendak flu juga dilaporkan oleh orang-orang yang mengalami kecanduan kopi, diantaranya mual, muntah, kepala pusing, dan bahkan nyeri otot. Gejala-gejala ini biasanya mulai muncul 20-48 jam sejak terakhir kali Anda minum kopi. (fmz/pm)

Comments
Loading...