3 Fakta Yang Wajib Di Ketahui Tentang Selaput Dara

ucap dokter kebidanan dan kandungan  Montefiore Health System, Mary Rosser

Fenomagz – Kehadiran selaput dara diyakini sebagai tanda keperawanan seorang wanita. Terlepas dari itu, sebenarnya masih banyak fakta yang lebih penting untuk diketahui mengenai selaput dara.

Salah satu fakta yang perlu diketahui bahwa selaput dara merupakan bagian tubuh yang sangat tipis dan dapat robek selain berhubungan seksual.

Berikut merupakan fakta-fakta tentang selaput dara  :

1. Selaput dara membentang melingkari luar vagina

“Selaput dara adalah jaringantipis yang membentang di lubang vagina,” ucap dokter kebidanan dan kandungan  Montefiore Health System, Mary Rosser.

Namun, selaput dara menutupi seluruh vagina. Jika menutupi, tentu tidak akan ada tempat keluarnya darah menstruasi.

2. Ketebalan selaput dara bisa berbeda

“Ukuran, bentuk, ketebalan, elastisitas selaput dara pada tiap wanita itu berbeda-beda. Bahkan ada wanita yang tidak memiliki selaput dara,” kata Rosser.

Meski memiliki berbagai bentuk dan ukuran, selaput dara biasanya berbentuk seperti bulan sabit.

Untuk mereka yang dilahirkan tanpa selaput dara, Rosser mengatakan tidak perlu khawatir. Hal ini tidak akan memengaruhi reproduksi atau kesehatan seksualnya sama sekali.

3. Selaput dara bisa robek karena beberapa hal, selain seks

Ketika bayi, selaput dara biasanya lebih tebal dibandingkan saat dewasa. Semakin bertambahnya usia, selaput ini akan menipis. Alasan inilah mengapa berolahraga, bersepeda, atau senam dapat membuat selaput dara robek.

Selain aktivitas fisik, pemakaian tampon dan masturbasi juga dapat menyebabkan selaput dara bisa robek, menurut Rosser. Jadi, selaput dara tidak selalu robek karena hubungan seksual ya.

Comments
Loading...