Beranda Sex Life 3 Tips Memilih Kondom Yang Tepat

3 Tips Memilih Kondom Yang Tepat

Fenomagz – Memilih kondom yang tepat dapat menjadi cara pasangan suami istri untuk menikmati seks yang nikmat. Dari sekian banyak pilihan kondom, mungkin tak semuanya cocok untuk Anda. Pemilihan kondom disesuaikan dengan ukuran, bahan, dan selera Anda.

Jika Anda sedang dilanda kebimbangan, inilah cara memilih kondom yang tepat.

Cara memilih kondom pria yang cocok

Tidak sekadar menjaga kenyamanan saat berhubungan intim, pemilihan kondom yang tepat mendukung fungsi protektif dan preventif. Salah memilih kondom bisa mengakibatkan kebocoran cairan semen ke vagina.

Bila Anda belum berencana untuk memiliki anak, wajib mengetahui cara pemilihan kondom yang tepat.

1. Ukuran kondom

Karena kondom akan dipakai saat ereksi, maka Anda perlu mengetahui ukurannya dalam kondisi tersebut, Secara umum, produk kondom menawarkan tiga ukuran.

  • Ukuran standar, dengan lebar 5 cm dan panjang 19 cm
  • Ukuran nyaman, lebar kurang dari 5 cm dan panjang 19 cm
  • Ukuran besar, lebar lebih dari 5 cm dan panjang 20 cm

Pastikan memilih kondom yang tepat ukuran, sehingga Anda bisa berhubungan intim dengan pasangan tanpa ada rasa cemas.

2. Material

Mempertimbangkan material atau bahan kondom juga menjadi cara memilih kondom dengan tepat. Biasanya kondom berbahan dasar lateks memiliki efektivitas 82-98% mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual.

Beragam produk menawarkan kondom lateks tersedia dalam tekstur tebal maupun tipis. Sebelum membelinya, Anda perlu menentukan pemilihan kondom bersama pasangan agar seks tetap terasa menyenangkan.

Bagi Anda yang mengalami alergi lateks, ada bahan kondom lain yang dapat menjadi alternatif. Misalnya, pilih kondom yang berbahan dasar polyurethane, polyisoprene, dan lambskin.

3. Desain kondom

Beragam produk kondom diciptakan untuk menambah pengalaman dan kepuasan pasangan suami istri. Cara memilih kondom selanjutnya, Anda dan pasangan perlu sepakat menyukai desain kondom.

Ada banyak variasi kondom, seperti kondom yang berwarna, kondom dengan bentuk twist, glow in the dark, atau dengan tekstur dotted yang dibuat sedemikian rupa untuk pasangan merangsang secara vaginal.

Sebaiknya tidak menentukan bentuk kondom secara sepihak. Penting menentukannya bersama pasangan, sehingga seks berlangsung dengan menyenangkan.

Memakai kondom untuk wanita

Anda sudah mengetahui cara memilih kondom pria yang cocok. Namun, tak ada salahnya jika Anda dan pasangan ingin sesekali memakai kondom wanita. Kondom ini memiliki fungsional yang sama dengan kondom laki-laki.

Umumnya, kondom wanita terbuat dari polyurethane, sehingga aman digunakan jika pasangan memiliki alergi lateks. Menurut Planned Parenthood, seperti yang dilansir laman Healthline, kondom wanita memiliki efektivitas hingga 95% jika digunakan secara benar.

Jika ini kali pertama Anda membeli kondom wanita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Buka bungkus secara hati-hati, jangan membukanya dengan gigi atau kuku
  • Gunakan lubrikasi water-based sehingga kondom masuk secara mudah ke vagina
  • Masukkan kondom dengan jari tengah dan dorong ring sejauh Anda menjangkaunya
  • Saat penetrasi, pastikan penis tidak salah masuk di antara dinding vagina dan bagian luar kondom
  • Setelah selesai, tarik keluar kondom secara perlahan dan buah ke dalam tong sampah

Meskipun keduanya punya cara proteksi yang sama, kondom wanita dan pria tidak disarankan dipakai bersama. Memakai keduanya bisa merusak fungsi optimal kondom. Oleh karena itu, pakai kondom secara tepat dengan memilih salah satunya.