advertisement

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Pria Tidak Subur

Berikut ini 4 kebiasaan yang dapat mengurangi kesuburan pria

judi

FENOMAGZ – Segera memiliki anak adalah impian banyak pasangan suami istri. Akan tetapi, karena satu dan lain hal, Anda mungkin saja tidak subur sehingga cukup sulit untuk mengusahakan keturunan. Nah, biasanya hanya wanita yang disalahkan bila pasutri belum juga dikaruniai anak. Padahl, kebiasaan yang dilakukan pria sehari-hari juga bisa jadi penyebab sulit punya anak. Apa saja kebiasaan yang bikin pria tidak subur?

Berikut ini 4 kebiasaan yang dapat mengurangi kesuburan pria:

Minum minuman beralkohol                                       

Sudah banyak penelitian yang menguak kaitan antara konsumsi alkohol berlebih pada pria dengan kesuburannya. Mary Ann Emanuele dan Nicholas Emanuele, dua peniliti dari Loyola University Stritch School of Medicine, Illionis, Amerika Serikat membahasnya dalam sebuag artike dalam National Institute on Alcohol Abus and Alcoholism.

Baca juga: Berapa Banyak Pasangan Yang Memutuskan Langsung Bercinta Saat Malam Pertama?

Merokok

Berbeda dari alkohol yang hanya mempengaruhi diri Anda sendiri, yang perlu diperhatikan dari merokok adalah asap rokok yang menyebar dan akan mempengaruhi orang-orang disekitar Anda. Jika Anda sering merokok didepan istri, istri Anda bisa terkena dampaknya karena rokok terbukti meningkatkan risiko menurunnya kesuburan pada perempuan.

Sering bergadang

Sebuah riset yang telah dilakukan menemukan bahwa orang dengan durasi tidur yang paling sedikit mengalami penurunan jumlah sperma sampai 25 persen. Semakin sedikit jumlah sel sperma yang dikeluarkan, semakin sedikit pula yang berhasil bertahan hingga mencapai sel telur dalam organ reproduksi wanita.

Terlalu banyak mengkonsumsi junk food

Sebuah riset yang telah dilakukan menemukan bahwa para pria yang memiliki berat badan berlebih hampir dua kali berisiko untuk memiliki jumlah sperma lebih sedikit dan pergerakan sperma (menuju sel telur) yang lebih buruk. (fmz/bb)

Comments
Loading...