5 Hal yang Dapat Membuat Sperma Anda Menjadi Loyo

Berikut ini 5 hal yang membuat sperma Anda menjadi loyo

FENOMAGZ – Infertilitas atau turunnya angka sperma jadi hal yang sangat umum terjadi pada pria. Bahkan, hal ini bisa terjadi pada pria usia muda jika mereka melakukan berbagai kegiatan yang mengacu pada infertilitas.

Kebanyakan kegiatan-kegiatan ini merupakan gaya hidup modern, yang justru tiap hari tak pernah luput kita lakukan. Sehingga penting untuk kita ketahui agar permasalahan ini tak menghantui kita lagi di masa depan.

Baca juga: Hal Yang Menyebabkan Seseorang Jadi Kecanduan

Berikut ini 5 hal yang membuat sperma Anda menjadi loyo:

Bekerja dengan laptop di paha

Hal ini adalah hal yang paling umum terjadi, dan hampir semua orang melakukannya. Menaruh laptop di paha jadi berbahaya bagi jumlah sperma kita karena panas yang dipancarkan laptop secara langsung berdampak ke temperatur testikel. Padahal testikel terletak di luar tubuh untuk membuatnya tetap dingin. Meletakkan laptop di atas paha, sama dengan membakar sperma Anda.

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan merokok

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal BMJ Open, menyebutkan bahwa meminum alkohol dalam jumlah banyak punya efek secara langsung ke produksi sperma pria. Tak hanya menurunkan jumlahnya, kualitas sperma pun akan menurun.

Selain itu, merokok juga terbukti memperlambat pergerakan sperma. Dalam sebuah studi di University of Saarland, Jerman, terlalu banyak merokok dapat meningkatkan adanya radikal bebas yang terkandung dalam cairan sperma.

Menggunakan sunblock

Jika Anda pria yang takut ‘gosong’ terkena matahari dengan menggunakan sunblock, jangan kaget jika kesuburan Anda jadi taruhan. Sunblock sudah lama menjadi momok bagi kesuburan pria. Dari sebuah studi dari Department of Growth and Reproduction di Righospitalet, menemukan hubungan antara kandungan bahan kimia yang ada di sunblock serta beberapa kosmetik lain yang dapat menurunkan jumlah maupun kualitas sperma.

Asupan kedelai

Meski merupakan asupan protein terbaik bagi manusia, terutama para vegetarian, kedelai diketahui dapat menyerupai hormon estrogen di tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan isoflavon dalam kedelai yang mampu meningkatkan adanya hormon wanita tersebut. Dengan ini hormon pria pun lama-lama bisa terusik. Hal ini berdasarkan studi dari Harvard School of Public Health.

Mandi air panas

Meski membuat otot-otot di badan menjadi rileks, mandi air hangat berpotensi menurunkan jumlah sperma Anda. Alasannya relatif sama, meningkatnya temperatur testikel. (fmz/bb)

Comments
Loading...