5 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Kondom Sobek

Berikut ini 5 kesalahan yang bisa bikin kondom sobek

Judi

judi

FENOMAGZ – Kondom laki-laki adalah lapisan sangat tipis yang berfungsi untuk mencegah kontak antara air mani pria yang mengandung sperma dengan vagina. Saat ini, banyak variasi jenis kondom yang tersedia di pasaran. Ada kondom yang terbuat dari bahan dasar lateks (getah karet), poliuretan (campuran antara karet dan plastik), dan polyisoprene (karet sintesis). Jika digunakan secara tepat dan hati-hati, keampuhan kondom dalam mencegah kehamilan dan penularan penyakit mencapai 98 persen. Karena efektif dan bisa digunakan kapan saja, kondom laki-laki menjadi salah satu alat kontrasepsi yang paling sering dipilih para pasangan.

Berikut ini 5 kesalahan yang bisa bikin kondom sobek:

Kondom disimpan terlalu lama

Banyak orang tidak menyadari bahwa kondom juga ada tanggal kadaluwarsanya. Semakin tua umur kondom, kualitas karet atau plastiknya akan menurun. Maka, selalu periksa kembali kemasan kondom Anda dan pastikan umurnya masih cukup baru sebelum berhubungan seks.

Baca juga: Berikut Ini Mengapa Anda Selalu Bangun Pagi, Meski Tidur Larut Malam Tanpa Memasang Alarm?

Ukuran kondom kekecilan

Pastikan kondom tidak terasa terlalu sempit atau sesak. Untuk menghindari kasus ini, sebaiknya pakailah kondom ketika penis sudah ereksi. Pasalnya, penis yang ereksi biasanya akan jadi lebih besar atau panjang.

Salah memilih pelumas

Menggunakan pelumas memang bisa mencegah kondom sobek, tetapi jangan sampai Anda salah pilih. Perhatikan bahan dasar kondom yang Anda gunakan. Kondom lateks akan lebih mudah rusak kalau Anda juga menggunakan pelumas vagina yang berbahan dasar minyak. Pilihlah pelumas yang berbahan dasar gel.

Tidak menyisakan ruang untuk air mani di ujung kondom

Ketika menggunakan kondom, sisakan sedikit ruang di ujung penis. Dengan demikian, ketika penis berejakulasi, air mani yang mengandung sperma akan tertampung di ujung kondom. Jika Anda tidak menyisakan ruang, kondom tentu akan jadi penuh dan bisa sobek.

Vagina terlalu rapat

Jika vagina terlalu rapat, penetrasi pun jadi lebih sulit. Gesekan yang terjadi terlalu keras sehingga kondom bisa sobek. Dalam kasus ini, selalu gunakan kondom dengan ketahanan ekstra dan jangan lupa gunakan pelumas yang berbahan dasar gel. (fmz/bb)

Comments
Loading...