Beranda Sex Life 5 Manfaat Positif Rutin Lakukan Hubungan Seks

5 Manfaat Positif Rutin Lakukan Hubungan Seks

Fenomagz – Menurut sebuah studi ilmiah terbaru yang dilakukan oleh Universitas Negeri Oregon, Amerika Serikat (AS), menemukan fakta bahwa seks mampu membuat kinerja seseorang menjadi lebih baik, baik bagi pria maupun wanita.
Sebanyak 159 pasangan karier yang terlibat dalam studi terkait mengaku bahwa kegiatan bercinta memberikan efek positif terhadap mood saat bekerja di keesokan harinya. Mood baik tersebut bahkan disebut mampu bertahan hingga 24 jam setelah bercinta.
“Alasan sederhananya adalah karena seks mendorong tubuh hasilkan dua hormon pembentuk rasa bahagia, yakni dopamin dan oksitosin. Kedua hormon ini mampu memengaruhi otak untuk ciptakan mood dan fokus yang lebih baik,” ujar Keith Leavitt, pimpinan studi terkait.
Selain membuat mood dan fokus lebih baik, seks juga memberikan manfaat positif untuk beberapa hal di bawah ini.

1. Kesehatan jantung

Meskipun studi ilmiah terbaru menyebut seks secara berkala mampu timbulkan risiko serangan jantung yang lebih besar, namun faktanya hal tersebut hanya terjadi pada pria di atas 50 tahun dengan riwayat kesehatan yang kurang baik, memiliki darah tinggi misalnya. Banyak studi yang telah membuktikan bahwa pria yang rutin melakukan hubungan seks, setidaknya dua kali dalam seminggu, mendapatkan 45 persen jauh dari risiko terserang penyakita kardiovaskular. Bahkan, jika disertai dengan gaya hidup sehat, seks secara rutin juga mampu bantu perkuat fungsi jantung dalam memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

2. Kesehatan prostat

Dalam beberapa studi ilmiah disebutkan bahwa pria (khususnya di bawah usia 50 tahun) mengalami setidaknya 21 kali ejakulasi dalam sebulan cenderung 22 persen terhindar dari risiko terkena kanker prostat. Kanker pada prostat banyak disebabkan oleh jarang difungsikannya fungsi prostat itu sendiri, sehingga membuat kekuatannya mengendur dan lemah dalam melawan sel kanker.

3. Meningkat kualitas imun tubuh

Seks berkala setiap minggunya telah banyak diketahui mendukung peningkatan produkso hormon immunoglobulin yang berfungsi untuk memperkuat sistem ketahanan tubuh atau imunitas.

4. Bermanfaat untuk kualitas seks di usia tua

Rutin berhubungan seks (sementara ini) diketahui secara ilmiah mampu menurunkan risiko lemah syahwat di usia tua. Fakta tersebut didapat dari beberapa studi ilmiah yang telah dilakukan terhadap beberapa kelompok usia yang dipantau selama 10-12 tahun terakhir.

5. Kesehatan otak

Melakukan hubungan seks secara berkala juga diketahui secara ilmiah mampu mendukung penguatan fungsi otak, khusus mengenai fokus. Seks diketahui mampu menstimulasi pertumbuhan sel-sel baru dalam otak untuk meregenerasi fungsi ruang memori di bagian khusus bernama hippocampus. Lebih dari itu, seks secara berkala juga mampu tingkatkan fungsi memori jangka pendek.