5 Penyakit yang bisa Ditularkan Lewat Ciuman Bibir

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa ditularkan lewat ciuman bibir

FENOMAGZ – Ciuman selain memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh ternyata juga memiliki beberapa resiko kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh, terutama jika Anda dan pasangan melakukan ciuman bibir. pasalnya mulut adalah tempat paling kotor di dalam tubuh, hal ini terjadi karena air liur mengandung banyak mikroorganisme.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa ditularkan lewat ciuman bibir:

Hepatitis B

Ciuman bibir juga dapat menularkan virus hepatitis B. infeksi bisa terjadi karena ketika darah dan air liur yang terinfeksi virus hepatitis mengalami kontak langsung dengan aliran darah orang lain atau selaput lendir. Seseorang dengan mudah terinfeksi penyakit ini ketika salah satu pasangan memiliki luka di sekitar mulut.

Baca juga: Cara Pakai Dental Dam, Kondom Untuk Mulut Agar Seks Oral Lebih Aman

Meningitis

Banyak jenis virus yang bisa menyebabkan meningitis. Meningitis adalah peradangan atau pembengkakkan dari membran pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Peradangan ini biasanya disebabkan oleh infeksi dari cairan yang mengelilingi itak dan sumsum tulang belakang. Salah satu pemicu penyakit ini menurut penelitian adalah ciuman. Gejalanya meliputi demam, sakit kepala, leher kaku, mual dan muntah.

Herpes

Herpes mulut ditularkan melalui kontak langsung dengan daerah yang terinfeksi, kulit yang rusak atau selaput lendir. Penyakit ini menimbulkan gelumbung berisi air pada kulit sehingga nampak seperti kulit melepuh. Selain itu, para ahli memperkirakan bahwa lebih dari 20 persen kasus seperti herpes getital baru disebabkan oleh herpes simpleks tipe 1 yang ditularkan melalui seks oral.

Gondongan

Gondongan adalah infeksi virus yang mempengaruhi kelenjar ludah yang mengalami pembengkakkan. Gondongan menyebar dari orang yang terinfeksi melalui udara ketika sedang pilek, batuk, ataupun bersin. Gejala gondongan adalah mengalami demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan dan kehilangan nafsu makan.

Influenza

Influenza menular secara cepat dari satu orang ke orang lainnya. Seringnya ditularkan melalui percikan air liur orang yang terinfeksi ketika batuk, bersin, atau bicara. Umumnya orang akan terinfeksi virus flu satu hari sebelum memiliki gejala sampay tujuh hari setelah sakit. Gejalanya meliputi demam, batuk, sakit tenggorokan, nyeri tubuh dan kelelahan. (fmz/bb)

Comments
Loading...