advertisement

5 Penyebab Mengapa Vagina Pasangan Anda Kering

Berikut penyebab utama mengapa vagina pasangan Anda kering

judi

FENOMAGZ – Pernahkah Pasangan Anda mengalami vagina kering? Ketika mengalaminya, mungkin pasangan Anda menduga-duga berbagai alasan, bahkan cemas akan mengalami gejala awal menopause. Tetapi, masalah vagina kering yang di alami oleh pasangan Anda bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Menurut Journal of Women’s Healthy yang di publikasikan pada bulan Agustus 2015, vagina yang kering juga menjadi sebuah masalah bagi pasangan Anda terutama pada peremuan yang berusia di bawah 60 tahun. Ini merupakan kasus yang sangat umum dialami oleh para perempuan. Penting bagi pasangan Anda unuk membuat vaginanya agar tetap lembab, sebab kelambapan tersebut dapat menjaga dapat menjaga jaringan tetap sehat dan membantu mencegah infeksi serta penyakit menular.

Berikut penyebab utama mengapa vagina pasangan Anda kering:

Perubahan hormon

Berdasarkan American Congress of Obstetricians and Gynecologists, penyebab paling umum vagina kering adalah penurunan level estrogen selama menopause, pramenopause, setelah melahirkan, atau selama menyusui. Pengobatan kimia untuk kanker seperti kemotrapi dan radiasi pada panggul dapat menyebabkan penurunan estrogen dan lubrikasi vagina.

Baca juga: Waspadai Uban Yang Muncul Sebelum Usia 30 Tahun

Obat tertentu

Obat alergi, asma, dan flu mengandung antihistamin yang memiliki efek dalam tubuh, sehingga adanya penurunan lubrikasi vagina.

Kurangnya gairah

Salah satu penyebab keringnya vagina bisa jadi karena rendahnya libido atau permasalahan seksual dengan pasangan. Contohnya, masih berdasarkan goldstein, pasangan mungkin akan memiliki performa seks yang kurang, melewatkan foreplay, atau mengalami ejakulasi dini.

Iritasi

Produk perawatan tubuh juga dapat memicu kering pada vagina, seperti sabun berbahan kimia , macam-macam produk kebersihan, dan parfum. Beberapa perempuan bahkan memiliki masalah alergi terhadap detergen dan sabun.

Kecemasan

Faktor psikologis dan emosional bisa mengganggu gairah seksual dan membuat vagina pasangan Anda menjadi kering. Menurut Goldstein, ketika perempuan merasa cemas, akan terjadi kurangnya aliran darah, sehingga kekeringan di daerah vagina pun terjadi, kecemasan juga akan memicu hormon kortisol dan hormon ini dapat mengganggu cara kerja estrogen. (fmz/bb)

Comments
Loading...