Apa Itu Foreplay? Pentingkah Melakukannya?

berikut ini penjelasan mengenai foreplay

FENOMAGZ – Foreplay adalah serangkaian tindakan intim, baik secara fisik maupun emosional, yang dimaksudkan untuk membangun gairah dan hasrat seksual demi aktivitas seksual. Foreplay merangsang seksualitas di antara pasangan yang terlibat, menurunkan kewaspadaan dan keinginan menahan diri, meningkatkan keintiman emosional antar pasangan, dan juga menunjukkan tingkat keterikatan dan kepercayaan tertentu antar satu sama lain.

Baca juga: Apakah Berbahaya Jika Testis Membiru Akibat Gagal Ejakulasi (Blue Balls)?

Seringnya, foreplay digambarkan sebagai aktivitas yang difokuskan untuk merangsang vagina sebagai kepentingan membuat penetrasi jadi lebih nyaman, seperti petting (menggesekkan alat kelamin), bermesraan, masturbasi, stimulasi manual (“fingering” atau “handjob”) atau seks oral. Namun foreplay tidak hanya terbatas untuk wanita atau stimulasi vagina saja. Foreplay juga bukan sekadar kegiatan fisik yang selalu dilakukan hanya kepada atau untuk tubuh perempuan saja.

advertisement

Foreplay bisa dimulai dengan satu orang yang menunjukkan minat seksual dalam caranya sendiri untuk menyampaikan keinginannya terlibat dalam aktivitas seksual lebih lanjut dengan pasangan seksualnya. Setiap tindakan yang menciptakan dan meningkatkan hasrat, minat, stimulasi atau rangsangan seksual pada pasangan seks tergolong foreplay. Gelagat hasrat seksual bisa ditunjukkan melalui keintiman fisik, seperti mencium, menyentuh, memeluk, membelai tubuh, atau memberikan cupang pada pasangan.

Keterlibatan mental juga dapat memupuk minat seksual, seperti menggoda, berbicara nakal, berbisik, atau memuji penampilan. Perilaku ini dapat menjadi isyarat non-fisik yang menunjukkan ketersediaan seksual. Minat seksual dapat diindikasikan dan diciptakan oleh ketelanjangan, seperti menanggalkan pakaian atau dengan memakai pakaian dalam yang seksi, atau bisa juga dengan menciptakan suasana romantis, intim, atau erotis yang terang-terangan.

Singkatnya, foreplay bisa disebut sebagai pemanasan sebelum bercinta, layaknya makanan pembuka sebelum menu utama. Tapi sebenarnya sejumlah kegiatan menggoda ini juga dapat terjadi tidak hanya sebelum penetrasi berlangsung, namun juga selama dan/atau setelah hubungan seksual. (fmz/bb)

advertisement

Comments
Loading...