Fenomagz
Unleash the Wild Side

Apakah Bisa Tertular Penyakit Kelamin Kalau Belum Pernah Berhubungan Seks

berikut ini mengapa bisa tertular penyakit menular kelamin

0

FENOMAGZ – Jika kedua orang yang terlibat dalam suatu hubungan eksklusif sama-sama tidak pernah memiliki pasangan seksual dan atau tidak pernah terlibat dalam aktivitas seksual apapun sebelumnya, teorinya memang sangat tidak mungkin bagi salah satu atau keduanya memiliki dan menularkan penyakit kelamin.

Baca juga: Berikut Ini Mengapa Seseorang Bisa Jadi Biseksual?

Namun, meski namanya adalah penyakit menular seksual bukan berarti cara penularannya hanya semata-mata mutlak lewat hubungan seksual. Hubungan seks adalah cara yang paling mudah dan umum untuk berpindahnya virus maupun bakteri penyebab penyakit kelamin. Akan tetapi, banyak jenis penyakit kelamin yang juga dapat menyebar dan ditularkan secara nonseksual, seperti dengan pinjam meminjam barang pribadi, penggunaan obat intravena, penggunaan jarum kotor, saat lahir atau melalui menyusui.

Sebagai contoh, virus HIV dan hepatitis yang notabene bukan termasuk penyakit kelamin dapat menyebar lewat penggunaan jarum tidak steril saat mendapatkan tato atau tindik maunpun sulam alis. Penyebaran kedua virus ini juga dapat diperantarai oleh donor darah dan cangkok organ.

Sementara itu, kutu kemaluan adalah penyakit kelamin yang sering ditularkan melalui kontak biasa, seperti berbagi handuk lembab dengan seseorang yang terinfeksi, bukan melalui kontak seksual.

Cara penyebaran nonseksual ini tetap patut Anda pertimbangkan dan waspadai, karena pada dasarnya kebanyakan penyakit kelamin tidak menunjukkan gejala khas bahkan hingga bertahun-tahun lamanya. Beberapa mungkin menimbulkan gejala, namun sangat umum dan mudah disalah pahami sebagai gejala penyakit lainnya. Banyak juga penyakit seks menular yang tidak menimbulkan gejala sama sekali, seperti virus HPV. (fmz/bb)

Baca juga:   Trik Cara Keren Menggulung Celana,
Comments
Loading...