advertisement

Apakah Masih Bisa Berhubungan Seks Kalau Punya Gagal Ginjal?

berikut ini cara berhubungan seks yang tepat

judi

FENOMAGZ – Tidak sedikit pasangan yang kehidupan seksualnya terganggu akibat salah satu dari mereka mengalami penyakit kronis tertentu. Ya, terkadang penyakit kronis yang dialami beserta pengobatannya dapat menurunkan gairah seksual. Tapi ibu bukan berarti Anda sama sekali tak bisa atau tak boleh berhubungan seks. Lalu, bagaimana jika Anda atau pasangan Anda memiliki gagal ginjal kronik? Masihkah dapat berhubungan seks?

Gagal ginjal kronik bisa saja menurunkan gairah seksual Anda, terutama di masa-masa awal gejalanya. Sebab, semua energi yang dimiliki tubuh akan terpusat pada penyakit Anda, sehingga membuat Anda tidak bersemangat, bahkan untuk melakukan aktivitas lainnya.

Baca juga: Fakta Mengapa Pria Menyukai Wanita Berbokong Besar

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan bergairah selama menjalani pengobatan gagal ginjal, misalnya:

  • Menjalani pola makan sehat, sesuaikan dengan diet yang dianjurkan oleh tim medis Anda
  • Mengkonsumsi obat sesuai anjuran
  • Melakukan olahraga rutin, agar otot tetap terlatih dan kuat
  • Hindari kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman beralkohol, kurang tidur, dan merokok
  • Menurunkan berat badan, jika memang dianjurkan.

Sebenarnya, hubungan seksual tetap bisa dilakukan meskipun Anda memiliki gagal ginjal. Semua ini tergantung dari kondisi tubuh masing-masing. Jika Anda baru saja menjalani operasi transplasi ginjal, tunggu dulu hingga luka benar-benar pulih baru Anda bisa berhubungan seks tanpa perlu merasa cemas dan takut kenapa-kenapa dengan jahitannya.

Selain itu, pastikan juga untuk berkonsultasi dulu dengan dokter mengenani keamanannya, dan apa saja hal yang pantang untuk dilakukan, sebelum melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Secara umum, hindari tekanan yang berlebihan pada tubuh Anda ketika melakukan hubungan seks. Anda bisa mencoba untuk melakukan berbagai variasi posisi bercinta yang tidak terlalu menumpu banyak tekanan pada tubuh, terutama perut. (fmz/bb)

Comments
Loading...