Fenomagz
Unleash the Wild Side

Apakah Turun Berok Bisa Membuat Pria Jadi Tidak Subur?

Berikut ini risiko terhadap kesuburan dipengaruhi oleh hal-hal berikut

0

FENOMAGZ – Turun berok sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan kesuburan laki-laki karena bagian yang bermasalah adalah usus dan dinding perut. Namun, sebuah laporan kasus dari Amerika Serikat menyatakan bahwa usus yang keluar tersebut dapat menghambat aliran darah ke buah zakar (testis) sehingga mempengaruhi sirkulasi darah dan akhirnya mengganggu proses produksi sperma.

Baca juga: Mengenal Priapismus, Gangguan Ereksi Yang Berkepanjangan

Labih jauh, tindakan operasi perbaikan hernia mempunyai risiko terhadap timbulnya masalah kesuburan, meskipunrata-rata hanya bersifat sementara. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara tindakan perbaikan hernia dengan kesuburan pria.

penelitian dari Inggris tahun 2016 menyimpulkan bahwa ada sebagian kecil pasien yang mengalami azoospermia (air mani tidak mengandung sel sperma) setelah operasi hernia menggunakan teknik apapun, termasuk laparoskopi.

Berikut ini risiko terhadap kesuburan dipengaruhi oleh hal-hal berikut:

Sirkulasi darah ke testis terhambat

Tidakan repair hernia dapat mengganggu aliran darah ke testis sehingga menyebabkan turunnya perfusi pada bagian penghasil sperma tersebut. Namun, efek ini hanya bersifat sementara dan belum terbukti adanya dampak jangka panjang yang menyebabkan ketidaksuburan pria.

Cedera pada vas deferens

Vas deferens merupakan sebuah saluran yang berfungsi menyalurkan sel sperma dari testis ke tempat keluarnya. Operasi perbaikan hernia juga dapat menyebabkan cedera pada bagian ini sehingga mengganggu proses keluarnya sperma untuk tercampur dalam air mani.

Antibodi antisperma

Salah satu penyebab tidak subur pada pria lainnya yang masih terus diteliti adalah timbulnya antibodi antisperma (ASA). Terganggunya sirkulasi darah ke testis dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tersebut sehingga mengaktivasi reaksi autoimun. (fmz/bb)

Baca juga:   Ini Perbedaan yang Dilakukan Pria dan Wanita Dalam Berhubungan Seks
Comments
Loading...