Aroma Bawang Putih Pada Tubuh Pria Membuatnya Lebih Menarik

para peneliti

Fenomagz – Jika Anda pikir mengonsumsi bawang putih hanya bikin mulut bau, pikir lagi. Sebuah studi menemukan bahwa makanan tersebut sesungguhnya bisa mebmuat lawan jenis lebih tertarik.

Penelitian yang dimuat di jurnal Appetite ini menemukan bahwa makan bawang putih membuat bau tubuh menjadi lebih menarik. Khususnya pada para pria.

para peneliti memberikan bawang putih dari berbagai ukuran dan porsi kepada 42 peserta pria. Kemudian, mereka mengumpulkan bau tubuhnya yang diserap dengan pembalut 12 jam. Setelahnya, para wanita diminta untuk menilai daya tarik dan intensitasnya.

Ditemukan, para pria yang mengonsumsi lebih banyak bawang putih, memiliki bau tubuh yang dianggap lebih menarik daripada mereka yang makan lebih sedikit bersama roti dan keju, serta hanya lewat kapsul. Peserta yang makan hanya 6 gram dan 12 gram tapi lewat kapsul, diangga tidak terlalu menarik dan kurang intens aroma tubuhnya.

Manfaat Bawang Putih

Craig Roberts, rekan penulis studi dan profesor psikologi di University of Stirling, Inggris mengatakan bahwa dari sudut pandang evolusi, pembentukan preferensi bau tubuh terkait diet, kemungkinan juga dibentuk lewat seleksi seksual.

“Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa banyak spesies hewan menggunakan isyarat terkait diet untuk memiliki pasangan dalam kondisi fisik yang baik,” kata Roberts.

Meski penelitian ini bersifat spekulatif, tetap ada bukti bahwa konsumsi bawang putih berguna untuk kesehatan. Salah satu penanda yang bisa dilihat adalah dari keringat manusia.

“Karena manfaat kesehatan dari konsumsi bawang putih termasuk antioksidan, imunostimulan, kardiovaskular, efek bakterisida, dan antikanker, masuk akal bahwa preferensi bau manusia telah dibentuk oleh seleksi seksual.”

Selain itu, ada kemungkinan bahwa ketika dicerna, bawang putih menghasilkan reaksi kimia yang membuat keringat pria menarik bagi beberapa wanita.

Comments
Loading...