advertisement

Benarkah Aseksual Merupakan Sebuah Gangguan Seksual?

berikut ini penjelasan mengenai aseksual

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Ketika mendengar kata “aseksual”, banyak orang yang tidak paham tentang apa arti sebenarnya. Mereka berpikir tentang seorang biarawan yang hidup selibat. Mereka berasumsi bahwa aseksual adalah sebuah kata lain untuk mendefinisikan orang yang memiliki dorongan seks rendah atau belum pernah mengalami pengalaman yang berhubungan dengan seksualitas. Namun, semua ini tidak mencerminkan apa itu aseksual yang sesungguhnya.

Baca juga: 5 Perubahan Yang Akan Terjadi Pada Penis Saat Tua Nanti

Jika berbicara tentang bagaimana kita mengartikan orientasi seksual, ketertarikan seksual adalah benang merah untuk menarik perbedaan antara satu sama lain. Dan, hingga pada titik tertentu, orientasi seksual adalah mengenai apa yang seseorang rasakan, bukan apa yang mereka lakukan.

Aseksualitas adalah orientasi seksual, seperti heteroseksualitas atau homoseksualitas, yang di tandai dengan kurangnya atau tidak adanya hasrat seksual maupun ketertarikan seksual terhadap orang lain.

Seksualitas bisa dilihat di semua aspek dari budaya kita, mulai dari iklan, film, hingga tradisi agama. Mungkin rasanya sulit bagi kita untuk membayangkan bagaimana seksualitas bisa tidak memainkan peran apapun, sekecil apapun, dalam kehidupan seseorang. Namun, karena aseksualitas bukan hal yang umum, bukan berarti ini adalah gangguan seksual maupun penyakit mental.

Melabeli aseksualitas sebagai penyakit kurang tepat karena seolah-olah kondisi ini menyulitkan mereka yang memilikinya. Padahal, mereka yang mengidentifikasi diri sebagai aseksual sama sekali tidak merasa terganggu dengan aseksualitas diri mereka.

Menurut definisi, sebuah gangguan atau penyakit mental harus menjadi sesuatu yang menyebabkan penderitaan, kecacatan, atau menimbulkan risiko kesehatan terhadap orang yang memilikinya. (fmz/bb)

Comments
Loading...