Beranda Sex Life Benarkah Berhubungan Seks Dan Orgasme Bisa Membuat Tubuh Jadi Langsing?

Benarkah Berhubungan Seks Dan Orgasme Bisa Membuat Tubuh Jadi Langsing?

orgasme

FENOMAGZ – Saat berhubungan seksual mencapai orgasme, tubuh akan bereaksi seperti otot-otot kontraksi, deru napas lebih cepat, dan berkeringat akan lebih banyak. Apa itu artinya orgasme dapat membakar kalori lebih banyak?

Baca juga: 4 Tips Mudah Jadikan Kehidupan Bercinta Lebih Sehat

Menurut terapis seks Uchenna Ossai, sesungguhnya kalori yang dibakar saat meraih orgasme tidak berbeda dari aktivitas seks tanpa orgasme. Menilik studi di 2013 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, rata-rata setiap satu menit bercinta, 4 kalori terbakar pada pria, sementara pada wanita 3 kalori.

“Dengan rata-rata sesi bercinta enam menit, berarti sekitar 18-24 kalori yang terbakar. Ketika seks mencapai orgasme, dengan memperhatikan detak jantung, orgasme yang berlangsung sekitar 10-60 detik, berarti sekitar 4 kalori yang terbakar,” kata Ossai

Baca juga: 4 Zodiak Ini Diam-Diam Idamkan Berhubungan Seks

Jadi, walau mencapai orgasme ganda, tidak terlalu signifikan pembakaran kalori yang terjadi pada tubuh.

Walau orgasme tak membakar lebih banyak kalori, ada banyak keuntungan yang didapatkan bila mencapai orgasme. Mulai dari mengurangi rasa sakit, membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan fungsi kognitif, dan membuat suasana hati lebih baik.

“Orgasme adalah salah satu cara mengatasi stres dan kecemasan yang menyenangkan,” kata Ossai.

Satu lagi, pria yang rajin bercinta bisa terhindar dari risiko kanker prostat. Terbukti pada studi di 2004 dan 2006. (fmz/bb)