Benarkah Kelebihan Testosteron Bikin Pria Jadi Agresif?

berikut ini hasil dari penelitian yang telah dilakukan

Judi

judi

FENOMAGZ – Menurut sebuah penelitian yang telah di publikasikan di Journal Biological Psychiatry menemukan bahwa hormon testosteron mempengaruhi sirkuit saraf otak. Hormon ini mempengaruhi tingkat agresif pada pria dan wanita.

Baca juga: Friendzone: Bisa Nggak Sih, Laki-Laki Dan Perempuan Jadi Sebatas Teman?

Tingkat testosteron pada pria biasanya berpengaruh pada peningkatan aktivitas di daerah otak yang terlibat dalam pemrosesan ancaman dan perilaku agresif. Hal inilah yang diduga membuat Anda, suami, pacar, atau teman Anda jadi Agresi.

Penelitian yang di pimpin oleh Justin Carre dari Universitas Nipissing di Kanada, menemukan bahwa pemberian satu dosis testosteron pada suatu subjek penelitian mempengaruhi fungsi sirkuit otak yang akan berpengaruh pada perilaku agresif.

Penelitian ini melibatkan 16 orang pria yang memiliki kondisi kesehatan yang baik, untuk mengetahui efek testosteron terhadap respon ancaman dan perilaku agresif, seperti amiglada, hipotalamus, dan periaqueductal. Penelitian ini berjalan selama dua hari di mana terdapat pria yang terlibat di dalam penelitian yang diberikan testosteron dan yang lainnya diberikan plasebo atau obat kosong.

Memahami efek testosteron terhadap pola aktivitas otak yang berkaitan dengan ancaman dan tingkat agresif dapat membantu Anda lebih memahami respons ‘fight or flight’ pada pria. Respon ini berkaitan langsung dengan tingkat agresif dan kecemasan.

Selanjutnya, para pria yang terlibat dalam penelitian ini menjalani pemindaian resonansi magnetik fungsional (FMRI). Setelah, dianalisis, para peneliti menemukan bahwa pria yang menerima testosteron mengalami peningkatan reaksi pada amiglaba, hipotalamus, dan periaqueductal ketika marah dibandingkan kelompok pria yang menerima plasebo. Penelitian ini mampu membuktikan bahwa kadar testosteron normal saja bisa memiliki pengaruh pada sirkuit otak yang terlibat dalam pemerosesan ancaman dan tingkat agresif. (fmz/bb)

Comments
Loading...