advertisement

Bercinta Dapat Meningkatkan Daya Ingat? Benar atau Salah

berikut ini penjelasan mengenai manfaat dari bercinta

judi

FENOMAGZ – Jika berbicara mengenai cara meningkatkan dari kecerdasan dan juga intelegensi, mungkin kata seks tidak akan terlintas. Selama ini banyak pasangan yang mengansumsikan bahwa kegiatan seks hanya baik bagi kesehatan jiwa, menjaga kebugaran tubuh, atau memanjangkan usia orang yang melakukannya.

Baca juga: 4 Fantasi Bercinta Liar Yang Dipikirkan Oleh Wanita

Seks dan kecerdasan seseorang seakan menjadi hal yang saling berseberangan. Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa hal-hal berbau seks seperti menonton film porno justru dapat menyebabkan kerusakan sel di otak. Namun, penelitian menunjukkan bahwa seks meningkatkan daya ingat dan inteligensi seseorang.

Penelitian yang dilakukan di Universitas McGill, Kanada, menemukan bahwa seks ternyata dapat mengembangkan kemampuan mental dan meningkatkan neurogenesis, yakni produksi neuron baru di bagian hippocampus. Hippocampus sendiri adalah bagian otak yang menjadi tempat memori jangka panjang terbentuk. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa seks dapat mengembalikan memori yang sebelumnya sempat tersingkir akibat deraan stres.

Penelitian ini juga dilakukan terhadap beberapa orang dewasa dengan Mild Cognitive Impairment (MCI), atau gangguan kognitif ringan. Gangguan kognitif ringan antara lain mudah lupa, kesulitan untuk mengingat memori lama, serta sulitnya berkonsentrasi. Jika dibiarkan, gangguan ini dapat berakibat pada penyakit neurogeneratif seperti alzheimer dan demensia. Hasilnya,  hanya 32,5% orang dewasa yang terdeteksi MCI yang melakukan hubungan seks baru-baru ini. Jumlah yang sedikit jika dibandingkan dengan jumlah mereka yang tidak terjangkit MCI dan memiliki kehidupan seks yang stabil.

Berdasarkan penelitian tersebut, terlihat bahwa seks ternyata dapat menghasilkan neuron atau sel-sel baru di otak seseorang yang berhubungan dengan memori. Dengan kata lain, terbukti bahwa seks meningkatkan daya ingat seseorang dan mencegah terjadinya alzheimer dan demensia. (fmz/bb)

Comments
Loading...