Bercinta Setelah 2 Jam Melahirkan? Berikut Penjelasannya

Dokter kandungan Michele Hakakha

Fenomagz – Hanya berselang dua jam setelah melahirkan secara operasi caesar, Deborah Hodge (44) bercinta dengan sang suami di ranjang rumah sakit. Padahal, ia belum sepenuhnya pulih dari operasi caesar darurat pada Juli 2013. Suatu hal yang tak biasa.

“Ketika Amelia (bayi) berbaring di ranjangnya, aku dan suami saling pelukan di tempat tidur. Saat itu, aku tak menyadari, yang kami lakukan malah bercinta. Awalnya, hanya ada kedekatan yang luar biasa di antara kami. Aku tidak merasa seksi, tapi aku merasa istimewa,” ungkap Debbie, sapaan akrabnya.

Sesi bercinta di ranjang dirasakan terlalu cepat sehingga Debbie tidak ingat merasakan ketidaknyamanan. Hal itu bisa saja karena ia masih di bawah pengaruh epidural–metode menghilangkan rasa sakit saat melahirkan.

“Aku tidak percaya kami melakukannya,” lanjut wanita asal London, Inggris ini yang membeberkan kisahnya.

Bahkan Debbie berhubungan seks lagi tiga hari kemudian setelah kembali ke rumah. Namun, ia dan suami harus berhati-hati untuk menghindari jahitan caesar.

Ibu empat anak ini terkejut ketika mendapati diri hamil setelah menikah dengan suami barunya, yang berusia 15 tahun lebih muda (pada waktu itu Debbie berusia 39 tahun). Amelia adalah anak keempatnya.

“Aku tidak benar-benar berpikir bisa hamil lagi karena aku mengalami menstruasi yang tidak teratur. Tetapi sebelum Natal, aku hamil,” Debbie melanjutkan.

Bercinta dalam waktu dua minggu

Sayangnya, Debbie berpisah dari pasangannya hanya beberapa bulan setelah kelahiran Amelia. Ia mengakui hubungan mereka “gagal” karena tidak bisa menyesuaikan diri menjadi orangtua.

“Sedihnya, hanya beberapa bulan setelah Amelia lahir, kami memutuskan untuk berpisah. Itu sedikit membuatku terguncang. Entah bagaimana aku merasa kacau. Sekarang setelah Amelia mulai sekolah, aku akhirnya siap untuk kembali berkencan lagi,” ujar Debbie.

Pengalaman bercinta dengan mantan suami juga pernah Debbie lakukan pada tiga kehamilan sebelumnya. Dalam waktu dua minggu setelah melahirkan, ia sudah bisa berhubungan seks.

Pendarahan di dalam rahim

Berhubungan seks dalam beberapa jam maupun minggu setelah operasi caesar tidak dianjurkan. Dokter kandungan Michele Hakakha menyampaikan, setidaknya butuh waktu enam minggu untuk bercinta setelah persalinan normal dan operasi caesar.

Anda akan menjalani check-up enam minggu pasca melahirkan. Dokter atau bidan Anda ingin memastikan bahwa luka sayatan operasi sembuh dengan baik dan perdarahan pascapersalinan telah berhenti, dilansir dari Very Well Family.

Banyak wanita dan pasangan percaya, mereka akan dapat melakukan hubungan seks segera karena operasi cesar. Sayangnya, hal itu keliru. Ada pendarahan dari dalam rahim, tempat plasenta berada. Pendarahan ini terjadi pada semua ibu, terlepas dari bagaimana proses mereka melahirkan.

Wanita yang mengalami komplikasi selama atau setelah melahirkan harus menunggu 8 hingga 10 minggu untuk bercinta.

“Yang terbaik adalah menunggu selama enam minggu penuh dan cek ke dokter sebelum memulai kembali aktivitas seksual,” tambah Michele.

Comments
Loading...