Fakta Tentang Ereksi Pagi Yang Perlu Fenomen Ketahui

Setiap pagi ketika Anda bangun tidur pasti Anda akan mengalami ereksi pagi

Fakta Tentang Ereksi Pagi Yang Perlu Fenomen Ketahui

FENOMAGZ – Seperti yang Anda ketahui, setiap pagi ketika Anda bangun tidur pasti Anda akan mengalami ereksi pagi. Pernakah terlintas di pikiran Anda mengapa penis Anda selalu ereksi ketika bangun pagi?

Sebagian pria kerap merasa bingung karena ia mereka mengalami ereksi di pagi hari. Kondisi tersebut sering disebut sebagai morning erection, yang umumnya terjadi secara otomatis ketika pria baru bangun tidur. Sebenarnya, apa yang terjadi di balik kondisi tersebut?

Berikut adalah 5 fakta tentang morning erection yang perlu Fenomen ketahui.

  1. Pertanda organ intim sehat

Ereksi di pagi hari yang sering dialami para pria merupakan petunjuk bahwa ia memiliki kebugaran seksual yang prima.

Morning erection ditentukan oleh kadar hormon testosteron, kebugaran fisik dan psikis, juga kumulasi rangsangan seksual di siang hari yang disimpan di alam bawah sadar (subconsciousness).

  1. Terjadi beberapa kali saat tidur

Tanpa disadari, ereksi ‘otomatis’ ini biasanya terjadi sekitar 4-5 kali dalam semalam. dan terjadi dalam fase dangkal di siklus tidur.

Selama tidur, tubuh secara bertahap melewati berbagai tahapan, mulai dari tahap yang disebut sebagai non-REM, hingga tidur nyenyak. Ketika Anda memasuki fase tidur REM, Anda tidak hanya bermimpi, tetapi tubuh juga melewati beberapa perubahan fisiologis. Dan salah satu perubahan ini akan mematikan sistem saraf atau neurotransmitter dalam upaya untuk mengatur seluruh sistem tubuh, termasuk mengakibatkan munculnya ereksi yang tidak disadari.

  1. Bisa terjadi akibat rendahnya hormon norepinefrin

Penyebab lain munculnya morning erection adalah karena rendahnya kadar hormon norepinefrin, yang terlibat dalam kontrol ereksi. Neurotransmitter bertanggung jawab dalam vasokonstriksi pembuluh darah penis, sehingga secara aktif mencegah ereksi. Kondisi ini pada dasarnya seperti tanda berhenti untuk ereksi.

Ketika seseorang memasuki fase tidur REM, tingkat norepinefrin menurun dan aktivitas terkait testosteron tidak lagi terhambat. Hal ini menyebabkan vasodilatasi, yaitu aliran darah meningkat ke pembuluh darah, yang kemudian akan menimbulkan ereksi.

  1. Tak perlu dikhawatirkan

Kondisi morning erection  masih kerap dikhawatirkan oleh sebagian pria. Namun Anda jangan khawatir, morning erection justru membantu perbaikan dan mempertahankan fungsi organ intim itu sendiri.

  1. Mencegah ngompol

Faktanya, kandung kemih yang penuh juga dapat menyebabkan ereksi di pagi hari, yang pada dasarnya merupakan ereksi refleks. Manfaat fisiologis dari ereksi di pagi hari ini salah satunya adalah mencegah Anda mengontrol agar tak mengompol selama tidur. (fmz/pm)

Comments
Loading...