Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini dia Faktor yang Berpengaruh Kesuburan Pria

Ternyata gaya hidup serta lingkungan sekitar seperti usia, tingkat konsumsi alcohol dan tembakau, infeksi STD, serta berat badan

0

 

FENOMAGZ – Masalah kesuburan bukan hanya terjadi pada wanita saja. Kesuburan juga menjadi momok pria. Sejumlah factor seperti produksi sperma yang abnormal, gangguan dalam bentuk dan ukuran sperma, konsentrasi rendah sperma, serta masalah hormonal mempengaruhi tingkat kesuburan seorang pria.

Ternyata gaya hidup serta lingkungan sekitar seperti usia, tingkat konsumsi alcohol dan tembakau, infeksi STD, serta berat badan juga berpengaruh besar terhadap tingkat kesuburan. Banyak pria tidak berpikir tentang kesuburan mereka dan menghindari belajar lebih banyak karena merasa takut.

Belajar mengenai kesuburan pada pria bisa membantu mereka keluar dari ketakutan mengenai beberapa konsep. Inilah beberapa factor yang mempengaruhi tingkat kesuburan seorang.

Usia

Factor ini merupakan factor yang cukup terkenal bagi para pria dan wanita mengenai kesuburan mereka. Beberapa sumber mengklaim bahwa kesuburan seorang pria mulai menurun setelah usia 37 tahun. Namun sumber lain mengatakan bahwa tingkat kesuburan pria masih baik hingga usia 41-45 tahun. Tetapi hal itu tidak dapat diterima secara luas, karena walaupun langka dan kemungkinannya kecil, beberapa pria masih bisa memiliki anak ketika berumur 60 hingga 70 tahun.

Obat-obatan, merokok, dan alcohol

Memang benar ketiga hal itu berdampak pada kesuburan pria. Penelitian mengkaji bagaimana gaya hidup mempengaruhi sperma morfologi atau ukuran dan bentuk sperma. Ganja memang memiliki Dampak negative terhadap kesuburan pria.

Sementara itu hampir 13% ketidak suburan disebabkan oleh merokok. Merokok juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan komplikasi kehamilan.

Baca juga:   Fitness Setiap Hari Dapat Membahayakan Tubuh

Factor lingkungan

Walaupun terdengar sedikit tidak masuk akal, beberapa studi menunjukkan radiasi dari gelombang elektromagnetik dari ponsel dan perangkat pintar lainnya secara tidak sengaja bisa merusak kesuburan pria. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang membawa ponsel di saku celana bisa terkena radiasi elektromagnetik yang mempengaruhi kualitas sperma.

Kegemukan

Berat badan memang berpengaruh pada kesuburan pria. Kegemukan membuat kadar estrogen dan testosterone menjadi lebih rendah. Saat ini sudah muncul bukti bahwa obesitas pada pria memberikan efek negative pada potensi reproduksi pria. Buka hanya mengurangi kualitas sperma, tetapi juga mengubah struktur fisik dan molekul sel germinal di testis.

 

Comments
Loading...