Beranda Sex Life Gairah Seks Dapat Meningkat Dengan Melakukan Akupuntur

Gairah Seks Dapat Meningkat Dengan Melakukan Akupuntur

Fenomagz – Saat ini, ada banyak alat yang menawarkan kepuasan seks. Anda dapat menemukan beberapa diantaranya, seperti vibrator klitoris, lubrikan, hingga aplikasi pemuas seksual. Namun ada cara tradisional yang mungkin terlupakan manfaatnya terhadap kehidupan seksual, yaitu akupunktur.

Dokter akupunktur dan pengobatan China di YinOva Center, New York City, Jill Blakeway, D.A.C.M., mengatakan akupunktur pada dasarnya berfungsi mendorong penyembuhan alami tubuh untuk keseimbangan tubuh.

“Memang terdengar seperti bohong, namun beberapa penelitian membuktikan bahwa akupunktur berpotensi membantu melawan alergi, masalah fertilitas, gejala PMS, sakit kepala dan migrain, insomnia, stres, kecemasan dan depresi dan nyeri punggung,” katanya, seperti dilansir dari Shape.

Blakeway menambahkan bahwa ia juga sering melihat orang yang memiliki penyakit autoimun, ketidakseimbangan hormon, masalah pencernaan (misalnya asam lambung), infeksi kronis traktus urinaria (saluran kencing), batuk kronis, dan masih banyak lagi terbantu dengan akupunktur. Lalu, bagaimana akupunktur membantu hubungan intim Anda dan pasangan?

1. Stres Meningkat akan Menurunkan Dorongan Seksual

Hal ini telah dijelaskan dalam studi yang telah dirilis di Archive of Sexual Behavior tahun 2018. “Hubungannya yaitu akupunktur dapat melepas stres dan ketegangan otot (terutama bahu, kepala leher) yang ditahan tubuh. Stres berkurang, gairah seksual pun meningkat”, ujar Blakeway.

Irina Logman, ahli akupuntur bersertifikat dan pemilik Advanced Holistic Center di NYC, mengatakan, “Jika libido rendah akibat stres maka tiga atau lima sesi akupunktur dapat mengembalikannya. Namun jika stres kronis, Anda memerlukan 10-20 sesi akupunktur untuk memperbaikinya.”

“Akupunktur tidak hanya meringankan otot yang tegang, tetapi juga membantu menjernihkan mental, relaksasi, dan menurunkan stres.” ujar Blakeway.

2. Aliran Darah ke Area Genital

“Selama perawatan akupunktur, tubuh mengirim aliran darah ke area yang terkena jarum akupunktur, yang mampu meningkatkan sirkulasi secara keseluruhan,” ujar Blakeway.

Dalam jurnal Fertility and Sterility, aliran darah yang adekuat ke area genital berfungsi memperpanjang ruang vagina (untuk penetrasi) dan memproduksi lubrikan alami, yang keduanya penting untuk sesi bercinta yang menyenangkan.

Inilah mengapa seseorang dengan penyakit sirkulasi dan jantung (meskipun tanpa penyakit inipun) bisa mengalami disfungsi seksual.

“Saat ini, banyak orang menghabiskan banyak waktu di di tempat duduk, yang dapat mengurangi sirkulasi darah ke area panggul,” ujar Logman. “Untungnya, jika masih belum kronis, dua sesi akupunktur dapat memulihkannya,” lanjutnya.

3. Jarum – Keseimbangan Hormon

Sudah bukan hal baru lagi bahwa akupunktur berdampak pada tingkat stres, jadwal tidur, metabolisme, siklus haid, diet, serta dorongan seksual. Menurut Blakeway, akupunktur dapat dikombinasikan dengan obat herbal – untuk mengatasi masalah hormonal yang menjadi akar permasalahan dorongan seksual.

Hal tersebut dibuktikan oleh studi yang dirilis di jurnal Evidence-Based Complementary Alternative Medicine tahun 2018 yang menemukan peningkatan estrogen, estradiol dan progesteron (hormon yang berhubungan dengan peningkatan gairah seksual wanita) setelah di akupunktur. Meskipun para peneliti tidak dapat mengatakan bahwa akupunktur menyembuhkan ketidak-seimbangan hormon, namun akupunktur memang memiliki perannya untuk terapi hormon.

4. Efek Samping akupunktur

Sebuah studi menemukan peserta wanita mengalami peningkatan libido dan lubrikasi yang signifikan setelah 12 minggu menjalani perawatan akupunktur. Memang mungkin saja akupunktur hanya seperti plasebo, terlebih jika orang sudah mengalami peningkatan libido dan orgasme lebih cepat, tidak lagi memedulikan apakah itu atas bantuan akupunktur atau bukan.

5. Mengatasi Ejakulasi Prematur

Sebuah studi yang dirilis di jurnal Sexual Medicine tahun 2017 menyimpulkan bahwa akupunktur membantu mengobati ejakulasi prematur. Jadi Anda bisa melakukan sesi bercinta lebih lama dari sebelumnya.

Haruskah Anda mencoba akupunktur untuk seks yang lebih baik?

Jika penyebab kehidupan seksual Anda tidak berjalan dengan baik bukan hal-hal di atas maka komunikasi adalah jawaban terbaik. Akupunktur bukan solusinya (atau mungkin dua sesi akupunktur mampu mengatasinya)

Tapi, jika penyebabnya adalah karena Anda bekerja dengan posisi duduk yang lama, stres, kelainan hormon atau gangguan fungsi seksual setelah mengkonsumsi antidepresan atau obat-obatan sebagainya, tidak ada salahnya Anda mencoba perawatan akupunktur.

Menurut para ahli, mungkin akan ada bekas di tempat jarum ditusukkan atau beberapa orang mengeluhkan mengantuk atau menangis setelah sesi akupunktur, namun selain itu sangat jarang terjadi efek samping yang aneh-aneh.

Berapa lama manfaatnya baru dirasa?

Blakeway pernah memiliki pasien yang langsung memiliki perubahan setelah satu sesi. Namun ia menganjurkan untuk tetap rutin minimal hingga 6 minggu.

Jika setelah 6 minggu belum merasakan adanya perubahan, Logman menganjurkan untuk ke ahli yang mampu mengkombinasikan akupunktur dengan obat herbal.