Ini Bahaya Rokok Elektrik untuk Kesuburan Pria

berikut ini bahaya yang terdapat pada rokok elektrik

Judi

judi

FENOMAGZ – Salah satu keunggulan rokok eletrik adalah uap yang dihasilkan hanyalah berupa uap air, bukan asap polusi hasil pembakaran kertas dan daun tembakau. Tapi tetap saja, banyak pakar kesehatan yang berpendapat bahwa uap dari rokok elektrik masih mengandung nikotin, beserta senyawa kimia lainnya seperti formalin, acrolein, propylene glycol, dan gliserin. Meskipun jumlah nikotinnya memang lenih sedikit daripada rokok tembakau, uap air tersebut tetap bersifat karsinogenik dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada tubuh manusia.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebihan Pada Pasangan Anda

Bahaya rokok elektrik berpotensi menimbulkan gangguan konsepsi pada pasangan. Studi pada hewan tikus menunjukkan uap air yang dihasilakan vape dapat menurunkan kemampuan reproduksi tikus jantan. Efek paparan uap air dari vape semenjak tikus dalam kandungan menyebabkan tikus jantan memiliki jumlah sel sperma yang lebih sedikit dan mengalami sedikit kesulitan untuk membuahi sel telur untuk mendapatkan keturunan.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada konferensi British Fertility menunjukan bahwa cairan dalam rokok elektrik dan vape dapat merusak fungsi kesehatan reproduksi pria. Salah satu peneliti, Dr. O’Neill, menyatakan bahwa dua rasa yang paling populer dari cairan vape yaitu kayu manis (cinnamon) dan  permen karet justru berbahaya bagi perkembangan sel sperma.

Penelitian membandingkan sempel sperma dari 30 orang pria dan membandingkan aktivitas sel sperma berdasarkan cairan rasa dan kebiasaan menggunakan rokok elektrik. Sel sperma dari individu yang menggunakan perasa kayu manis dengan konsentrasi lebih tinggi cenderung berenang lebih lambat dibandingkan penggunaan perasa dengan konstrasi lebih rendah.

Sedangkan cairan dengan rasa permen karet memiliki efek yang lebih buruk karena berdampak pada jaringan testis dan menyebabkan kematian dini dari sel sperma dengan jumlah yang banyak. Ia juga menambahkan bahan dasar dari kedua cairan rasa tersebut menjadi berbahaya bagi kesehatan ketika mengalami pemanasan dan perubahan struktur kimia sehingga uap air yang dihasilkan vape mengandung racun. (fmz/bb)

Comments
Loading...