Ini Cara Mengatasi Jika Timbul Jerawat Pada Area Kemaluan

ahli urologi Jamin V Brahmbhaat mengatakan

Fenomagz – Munculnya jerawat di area kemaluan (skrotum) memang mengkhawatirkan. Namun, ahli urologi Jamin V Brahmbhaat mengatakan bahwa kondisi tersebut normal.

Menurutnya, jerawat yang muncul di skrotum sama seperti jerawat di wajah atau punggung. Penyebanya pun hampir sama, karena makanan, hormon, atau stres. Sehingga, Anda tak perlu khawatir.

“Laki-laki perlu memastikan bahwa lokasi jerawat itu sepenuhnya di skrotum dan bukan di testis. Jika memang di kulit, kebanyakkan jerawat atau benjolan di skrotum itu tidak berbahaya,” kata Jamin.

Jamin pun mengimbau supaya Anda tidak memecahkan atau menusuk jerawat itu. Sebab, bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius. Tenang saja, jerawat di area kemaluan akan hilang dalam seminggu.

Kapan Harus ke Dokter

Jika Anda merasa khawatir akan benjolan merah kecil itu, sebaiknya segera mengunjungi dokter. Khususnya bila jerawat itu terus bermunculan atau banyak. Karena itu bisa menjadi pertanda penyakit menular seksual.

Jamin memperingatkan untuk berhati-hati jika Anda juga terkena diabetes.

“Sistem imun Anda tidak sekuat orang yang bebas diabetes. Sehingga infeksi bisa menyebar dengan cepat,” jelas ahli urologi itu.

Sedangkan jika jerawatnya bertambah besar dan memerah, ini bisa menjadi pertanda demam dan rasa sakit.

Cara mencegahnya

“Jagalah kebersihan skrotum seperti wajah Anda. Kenakan celana dalam bersih, mandi secara rutin dan jaga area itu kering,” jelas Jamin.

Jika Anda sering berkeringat dan memiliki masalah bau badan, tidak ada salahnya untuk mandi lebih dari sekali.

Mencukur area kemaluan juga bisa membantu mencegah jerawat. Selain bisa mengurangi keringat, mencukur juga meminimalkan risiko perkembangan penyakit.

Comments
Loading...