Ini Dia 5 Hal yang Membuktikan Bahwa Bercinta Itu Menyehatkan

Berikut ini 5 hal yang membuktikan bahwa bercinta itu menyehatkan

FENOMAGZ – Bukan menjadi sebuah rahasia lagi, jika seks memang dapat menambah keintiman, rasa sayang, dan bahkan dapat melanggengkan hubungan Anda dengan pasangan Anda. Selain manfaat batin yang didapatkan, berhubungan intim ternyata juga dapat membawa segudang manfaat untuk kesehatan.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Ciptakan Suasana Hot Di Rumah Anda!

Berikut ini 5 hal yang membuktikan bahwa bercinta itu menyehatkan:

Mencegahkan sakit jantung

Homosistein adalah salah satu zat kimia di tubuh yang jika jumlahnya berlebihan bisa menyebabkan pembekuan darah di jantung. Membekunya darah di jantung ini membuat Anda rentan kena serangan jantung dan gangguan jantung lainnya.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa berhubungan seks dapat membantu mencegah penumpukan zat homosistein dengan cara mendorong sirkulasi darah. Namun, hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa manfaat berhubungan seks ini lebih banyak didapatkan oleh pria dibanding oleh wanita.

Meningkatkan fungsi otak

Penelitian telah menemukan bahwa orang-orang yang berhubungan intim secara rutin fungsi otaknya bisa meningkat. Sebuah studi dari Oxford University di Inggris ini juga mengatakan bahwa manfaat bercinta ini akan turut mendukung daya ingat Anda. Saat bercinta, ada banyak sel-sel baru di otak yang tumbuh dan proses peradangan juga akan berkurang.

Mengurangi stres

Manfaat bercinta untuk kesehatan bisa dirasakan ketika hormon dopamin dan endorfin yang dilepaskan membuat Anda merasakan nikmat, puas, dan leganya orgasme setelah bercinta. Berhubungan intim juga merupakan sebuah aktivitas fisik yang menyenangankan dan dapat meningkatkan suasana hati Anda serta mengurangi munculnya sinyal stres yang dikirim ke otak.

Membakar kalori

Dr. Naomi Greenbalt, seorang spesialis kesehatan jiwa yang juga menjabat sebagai direktur medis di klinik The Rocking Chair New Jersey mengatakan bahwa bercinta bisa membakar hingga 250 kalori. Ya, setelah bercinta Anda mungkin akan terengah-engah kehabisan dan napas dan merasa lelah layaknya orang yang habis berolahraga. Karena itulah seks bisa jadi cara seru nan nikmat untuk membakar kelebihan kalori dalam tubuh.

Tidur jadi lebih nyenyak

Anda mungkin langsung mengantuk dan lelah sehabis menikmati seks. Tenang saja, Anda tidak sendirian. Justru ini bisa jadi manfaat bercinta untuk kesehatan Anda. Pasalnya, Anda jadi tidur lebih nyenyak. Setelah orgasme, tubuh manusia memang akan melepaskan hormon prolaktin yang bisa membuat Anda sangat nyaman dan gampang mengantuk. (fmz/bb)

Comments
Loading...