Ini Dia Pentingnya Cuci Tangan Sebelum Melakukan Seks!

berikut ini penjelasan mengapa sebaiknya cuci tangan sebelum melakukan seks

FENOMAGZ – Salah satu cara penularan penyakit yang paling mudah adalah lewat sentuhan. Pasalnya, tangan merupakan salah satu rumah ternyaman bakteri, kuman, dan tak menutup kemungkinan juga virus yang menyebabkan penyakit menular. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado ada kurang lebih 5 ribu bakteri di tangan Anda setiap waktu. Oleh karena itu, sentuhan tangan, baik secara langsung dengan kulit orang lain maupun memegang benda, dapat menjadi sarana penyebaran bakteri.

Baca juga: Benarkah Bercinta Dapat Membuat Awet Muda? Ini Penjelasannya!

Tidak cuci tangan sebelum berhubungan seks adalah salah satu cara penyebaran penyakit menular yang seringnya tidak disadari. Contohnya begini: Anda merangsang klitoris pasangan wanita Anda atau merangsang penis dengan tangan tanpa cuci tangan dulu. Bakteri yang ada di tangan Anda bisa loncat berpindah ke organ intim mereka sehingga mereka jadi terinfeksi.

seorang spesialis Kebidanan dan Kandungan, menyatakan bahwa menyentuh bagian intim pasangan atau bagian intim Anda sendiri dengan tangan yang tidak bersih bisa meningkatkan risiko infeksi di area genital.

Mungkin Anda berpikir bahwa sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan infeksi penyakit kelamin hanya karena tidak cuci tangan sebelum seks. Memang belum ada penelitian yang mampu membuktikan bahwa kebiasaan jorok sebelum bercinta ini benar-benar bisa menyebabkan infeksi. Akan tetapi, Anda tidak pernah ingat benda apa saja yang sudah Anda sentuh seharian tadi sebelum Anda naik ke atas tempat tidur. Itu sebabnya risiko infeksi bakteri akan tetap ada dan mungkin saja terjadi.

Menurut Ronald D. Blatt seorang ginekolog di Manhattan Center for Gynecology dan Manhattan Center for Vaginal Surgery mengatakan bahwa kuku yang tidak bersih bisa menyebabkan terjadinya infeksi vagina yang disebabkan bakteri Staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus adalah jenis bakteri yang paling umum ditemukan pada kulit, rambut, serta di dalam hidung dan tenggorokan manusia. Bahkan, 25% area tubuh orang yang sehat dan bugar sekalipun dipenuhi oleh bakteri ini. Infeksi bakteri lainnya yang mungkin menyerang area genital termasuk trikomoniasis, klamidia, gonore, sipilis, hingga mononeukleosis. (fmz/bb)

Comments
Loading...