Inilah Jumlah Kalori Yang Terbakar Saat Berhubungan Seks

Michael Henri yang memiliki gelar dalam bidang kinesiologi dan psioterapi

Fenomagz – Berhubungan seks tidak hanya bermanfaat untuk mempererat hubungan dengan pasangan. Nyatanya, seks juga dapat membakar kalori. Namun, apakah hasilnya sama dengan berolahraga?

Sebuah studi dari University du Quebec, Kanada meneliti kaitan antara pembakaran kalori saat berolahraga dibandingkan dengan berhubungan seks. Hasilnya, laki-laki membakar lebih dari 100 kalori selama 25 menit berhubungan intim atau 4,2 kalori per menit.

Lalu, bagaimana dengan perempuan?

Perempuan hanya membakar 69 kalori per 25 menit atau 3,1 kalori per menit. Sedangkan, saat berolahraga jumlah kalori yang dibakar lebih banyak. Perempuan rata-rata membakar 213 kalori dan laki-laki membakar 276 kalori.

Ada juga laporan lain yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine pun menemukan bahwa laki-laki hanya membakar 21 kalori dalam waktu 6 menit saat melakukan hubungan seks. Itu merupakan jangka waktu rata-rata hubungan intim pada tiap pasangan. Namun, studi tidak memasukkan perempuan di dalamnya.

Michael Henri yang memiliki gelar dalam bidang kinesiologi dan psioterapi mengatakan bahwa berdasarkan penelitian saat ini, sulit untuk memastikan berapa banyak kalori yang terbakar saat melakukan hubungan seks karena begitu banyak faktor.

“Begitu banyak faktor yang harus diperhatikan saat menghitung kalori saat melakukan hubungan intim seperti umur, berat badan, metabolisme, usaha, posisi, dan jangka waktu,” kata Henri.

Anda tidak dapat mengontrol beberapa faktor ini tetapi Anda dapat meningkatkan kehidupan seks Anda. Pelatih kebugaran Candy Morales menjelaskan bahwa pembakaran kalori akan selalu lebih banyak saat berolahraga dibandingkan berhubungan seks.

Cara Bakar Lebih Banyak Kalori Saat Bercinta

Menurut ahli kesehatan Nesochi Okeke-Igbokwe, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membakar lebih banyak kalori saat bercinta.

“Cara terbaik untuk membakar kalori saat melakukan seks adalah dengan meningkatkan usaha sehingga ada peningkatan detak jantung,” kata Henri.

Okeke-Igbokwe menyarankan Anda untuk melakukan durasi seks lebih panjang atau mengganti posisi. Usahakan untuk menemukan cara yang tepat dan sesuai dengan pasangan Anda. Walau begitu, Anda sebaiknya tetap berolahraga bila ingin mendapatkan manfaat sehat.

Meski seks tidak membakar kalori sebanyak olahraga, ada manfaat lain yang di dapatkan dari seks. Seks secara rutin membantu tubuh melawan penyakit serta meningkatkan kesehatan mental.

Comments
Loading...