Kumur-kumur Setelah Melakukan Seks Ternyata Bisa Membantu Mencegah Gonore

berikut cara mencegah gonore usai bercinta

FENOMAGZ – Gonore adalah salah satu jenis infeksi bakteri menular yang umumnya menyerang saluran kencing, rektrum, dan tenggorokan. Pada wanita, gonore juga dapat menginfeksi rahim dan sistem reproduksi.

Penularan gonore umumnya terjadi melalui seks. Pasalnya, bakteri penyebab gonore hidup dalam organ reproduksi, rektum (dubur), mulut, serta tenggorokan. Berhubungan seks atau bahkan sekedar berciuman dengan orang yang sudh terinfeksi gonore sudah bisa membuat Anda tertular.

Sejauh ini cara terbaik untuk mencegah gonore adalah menggunakan kondom saat seks oral dan penetrasi serta tidak berganti-ganti pasangan seksual.

Baca juga: Pura-Pura Orgasme Saat Bercinta Bisa Menjadi “Senjata” Merangsang Pasangan

Pada akhir tahun 2016 lalu, para pakar melakukan uji laboratorium terhadap berbagai cairan pembersih mulut yang dijual di toko-toko. Dari hasil uji klinis yang dimuat pada Jurnal Sexually Transmitted Disease, disimpulkan bahwa berkumur-kumur dengan cairan pembersih mulut setelah berhubungan seks dengan orang yang sudah terinfeksi gonore bisa mengurangi risiko bakteri tersebut.

Melalui serangkaian pemeriksaan menyeluruh di laboratorium, diketahui bahwa kandungan aktif dalam cairan pembersih mulut seperti alkohol mampu membunuh sebagian besar bakteri penyebab gonore yang ada di mulut dan tenggorokan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap para peserta penelitian, kemungkinan tertular gonore bisa jadi 80 persen lebih kecil jika setelah melakukan hubungan seks pasangan Anda berkumur dengan cairan pembersih mulut.

Bila pasangan Anda berkumur dengan tepat setelah bercinta, pasangan Anda dan Anda bisa mencegah gonore. Ini dia cara kumur yang benar setelah melakukan seks.

  • Setelah Anda selesai berciuman atau melakukan seks oral, segera bersihkan mulut dan tenggorokan dengan cairan pembersih mulut.
  • Kumur secara menyeluruh selama paling sebentar 1 menit. Pastikan seluruh sudut mulut sudah terbasuh, termasuk tenggorokan Anda. Namun, jangan menelan cairan pembersih mulut Anda. Cukup kumur sambil menengadah, sampai wajah Anda menatap langit-langit ruangan.
  • Buang cairan pembersih mulut dan kumur lagi dengan air biasa. (fmz/bb)
Comments
Loading...