advertisement

Mengapa Hubungan Jangka Panjang Memicu Gairah Seks Wanita Menurun? Ini Penjelasannya!

Berikut ini faktor yang memicu gairah seks wanita menurun

judi

FENOMAGZ – Belum ada jawaban yang pasti mengapa gairah seks wanita menurun saat menjalani hubungan jangka panjang bersama pasangannya. Tapi, bagi Anda atau pasangan Anda mempunyai masalah yang sama, sepertinya tidak perlu khawatir. Ini bukan tanda atau gejala adanya kelainan fisik pada tubuh Anda atau pasangan Anda, seperti disfungsi seksual contohnya.

Baca juga: Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Hilang Gairah Bercinta

Amy Levine, seorang pelatih seks dan pendiri Ignite Your Pleasure menyatakan, gairah seks yang dikatakan sehat pada tiap orang itu berbeda. Tidak melulu harus sama, apalagi jika berkaitan dengan wanita. fungsi seksual wanita dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain mental yang sehat, usia, waktu, dan kualitas hubungan.

Berikut ini faktor yang memicu gairah seks wanita menurun:

Persepsi masyarakat yang memengaruhi

Wajar dan tidak bisa dihindari, bahwa hubungan jangka panjang yang wanita jalani dapat berujung kepada gairah seks menurun. Meskipun tidak semua wanita mengalami hal yang sama, buktinya masih ada yang gairah seksnya menggebu-gebu walau sudah lama menjalin kasih.

Hal ini kadang juga dipengaruhi oleh persepsi masyarakat, yang percaya bahwa setelah lama menjalin cinta, wajar saja dan tidak apa-apa jika kita tidak lagi bernafsu untuk melakukan hubungan seksual. Dan pada akhirnya mereka menerima saja persepsi tersebut, lalu tidak melakukan usaha apapun. Bisa dibilang, mereka pasrah oleh keyakinan yang belum tentu benar. Mereka yang menelan mentah persepsi ini, beranggapan seperti “tidak apa, yang penting masih bersama”, begitu pikir mereka.

Lebih baik tanyakan lagi pada diri sendiri, apakah mau diam saja dan menerima bahwa gairah seks yang menurun ini adalah hal wajar terjadi dan tak perlu diperbaiki, atau justru berusaha meningkatkan kembali gairah seks dengan pasangan demi hubungan yang lebih harmonis.

Faktor seks monogami

Dalam hubungan jangka panjang bagi seorang wanita dewasa, kehidupan seksual bagi mereka merupakan sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Semakin tua, berarti semakin sering dan lebih banyak eksperimen dan eksplorasi yang telah mereka lakukan dalam hubungan seks. Namun, lama kelamaan seks monogami dapat memengaruhi gairah seksual pada wanita. Ini berhubungan dengan kecenderungan manusia yang memang sifat dasarnya akan bosan seiring berjalannya waktu.

Jika sudah begini, ada yang harus dibenahi dari hubungan Anda berdua. Hubungan seks dengan pasangan tidak seperti hubungan kemitraan lainnya dalam hidup. Hubungan seks cenderung eksklusif, maka tak jarang para pasangan merasa bosan dengan eksklusivitas tersebut.

Sarah Murray, seorang peneliti seks dari Universitas Guelph Canada menyatakan, mereka yang menganggap seks sebagai sebuah hubungan eksklusif, akan merasa bahwa seks dengan satu orang saja akan membosankan. Selain itu, hubungan jangka panjang juga bisa membuat wanita memiliki harapan yang kurang realistis dari seks monogami tersebut. (fmz/bb)

Comments
Loading...