Beranda Sex Life Perlu Khawatirkah Ketika Air Mani Menjadi Warna Kuning?

Perlu Khawatirkah Ketika Air Mani Menjadi Warna Kuning?

Fenomagz – Umumnya air mani berwarna putih sedikit keabu-abuan tapi pada beberapa pria ada yang mendapati semen mereka berwarna kuning. Perlukah khawatir?

Normalnya air mani memang berwarna putih sedikit keruh seperti disampaikan urolog Brahmbhatt. Ketika suatu hari warna air mani yang keluar tidak seperti itu, tak perlu khawatir.

“Namun, jika lebih dari tiga kali ejakulasi warna yang keluar tidak seperti biasanya, tak ada salahnya menghubungi dokter,” kata Brahmbhatt.

Beberapa kondisi kesehatan, serta makanan dan obat bisa berdampak pada warna, konsistensi, serta volume air mani. Berikut, beberapa penyebab air mani bisa tidak berwarna putih keabu-abuan.

1. Obat atau vitamin

Vitamin B dan piridium (pereda nyeri untuk infeksi salurah kemih) dapat mengubah sair mani menjadi kuning atau oranye seperti disampaikan Brahmnbhatt. Lalu, rifampin yakni antibiotik untuk pasien tuberkulosis, juga bisa menghasilkan efek serupa.

2. Beberapa buah dan sayur

Beberapa makanan berwarna tajam bisa memengaruhi air mani. Seperti buah bit bisa membuat air mani berwarna sedikit ungu atau kemerahan.

Namun, jika dalam beberapa kali ejakulasi air mani yang keluar berwarna merah muda bisa saja pria mengalami hematospermia yakni kehadiran darah dalam air mani. Untuk memastikan kondisi tersebut, wajib memeriksakan diri ke dokter.

3. Penyakit kuning

Seseorang yang sakit kuning terjadi karena kadar bilirubin berlebihan. Kondisi ini terjadi ketika liver tidak bisa memproses sel darah merah secara efisien. Hal ini membuat bagian putih pada mata jadi kuning. Hal yang sama juga bisa terjadi pada air mani seperti disampaikan Brambhatt.