Perubahan yang Akan Terjadi Pada Vagina Pasangan Anda Seiring Bertambahnya Usia

Berikut ini yang perubahan yang akan terjadi pada vagina pasangan Anda

FENOMAGZ – Ketika usia pasangan Anda menua, tidak hanya rambut dan kulit saja yang mengalami penuaan. Beberapa bagian tubuh lainnya juga mengalami perubahan. Apa saja?

Berikut ini yang perubahan yang akan terjadi pada vagina pasangan Anda:

Bentuk vagina usia 20 tahun setelah pubertas

Memasuki usia 20 tahun, pasangan Anda telah selesai mengalami pubertas. Akhirnya organ tubuh Anda mencapai fase ukuran dewasa. Begitu juga dengan labia maroya (bagian luar bibir vagina), bentuknya akan menjadi lebih ramping. Pada usia ini, lemak subkutan (lemak yang letaknya dibawah permukaan kulit) mengalami penurunan, termasuk digenital pasangan Anda.

Baca juga: 4 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Membuat Pria Tidak Subur

Perubahan vagina pada usia 30 tahun

Pada usia ini terjadi perubahan hormon akibat kehamilan dan pil KB. Penuaan dapat menyebabkan labia minora (bagian dalam bibir yang melingkari klitoris dan mulut vagina) menggelap. Penggunaan pil KB selama beberapa tahun dapat menyebabkan vagina pasangan Anda mengering, serta terbatasnya lubrikasi vagina.

Beberapa wanita mengalami kekeringan vulva akibat pemakaian pil KB. Penyebabnya adalah pil ini dapat menghambat hormon laki-laki yang disebut androgen, vulva inilah yang memiliki reseptor terhadap hormon androgen.

Efek perubahan estrogen pada usia 40 tahun

Ya, usia ini memang fungsi reproduksi akan sedikit menurun. Perempuan masih tetap mengalami ovulasi dan menstruasi, tapi siklus ini akan lebih pendek dari biasanya. Pasangan Anda juga mulai mengalami tanda-tanda akan menopause akibat penurunan hormon estorgen.

Perubahan vagina pada usia 50 tahun

Mungkin pada usia ini, pasangan Anda mulai mengalami awal-awal menopause. Efek dari penurunan estrogen dapat membuat vagina menjadi lebih tipis, kurang elastis, kering pada vulva, dan vagina. Pasangan Anda akan memerlukan pelumas tambahan saat berhubungan seks, agar tidak sakit dan iritasi.

Perubahan vagina usia 60 tahun

Hot flashes dan berkeringat pada malam hari dapat terjadi selama beberapa tahun. Kering pada vagina tidak dapat dihindari, sekitar 50 hingga 60 persen perempuan mengalami masalah kering pada vagina. Pasangan Anda perlu mengunjungi dokter untuk mengatasi masalah ini. (fmz/bb)

Comments
Loading...