advertisement

Salah Satu Penyebab Pasangan Anda Sulit Hamil Ketika Sperma Diserang Oleh Sistem Imun

berikut ini salah satu penyebab pasangan Anda sulit hamil

judi

FENOMAGZ – Kalau Anda dan pasangan Anda sudah satu tahun lebih mencoba hamil tapi tidak kunjung berhasil, bisa jadi Anda atau pasangan tidak subur. Penyebab tidak subur ada bermacam-macam. Namun, tahukah Anda kalau sistem imun (kekebalan tubuh) Anda sendiri ternyata bisa mengurangi kesuburan? Kira-kira bagaimana hal ini bisa terjadi?

Baca juga: Ejakulasi Di Luar Ternyata Bisa Sebabkan Kehamilan

Sistem imun manusia bertugas untuk menyerang organisme asing yang bisa menyebabkan penyakit atau kerusakan pada tubuh. Baik itu bakteri, virus, atau kuman. Akan tetapi, sistem imun rupanya juga bisa keliru menyerang sel sperma laki-laki jika dianggap sebagai organisme asing.

Untuk menyerang organisme tertentu, sistem imun Anda akan memproduksi Antibodi. Antibodi ada banyak jenisnya, tergantung pada organisme apa yang diserang. Dalam kasus ini, antibodi yang menyerang sel sperma disebut antibodi antisperma, disingkat ASA.

ASA bisa dihasilkan dengan baik oleh sistem imun dalam tubuh seorang pria maupun seorang wanita. Kalau ASA menyerang sperma, peluang terjadinya pembuahan dan kehamilan pun jadi lebih kecil.

Tenang, meskipun ASA jadi penyebab tidak subur, bukan berarti Anda tidak bisa hamil sama sekali. ASA tidak akan membuat Anda jadi mandul. Pasalnya, Anda masih bisa mengusahakan kehamilan dengan cara pembuahan di luar atau in vitro fertilization (IVF).

Ketika pembuahan dilakukan di luar, sel sperma tidak akan di serang oleh ASA karena tidak bercampur darah dan tidak berada dalam saluran reproduksi wanita. Maka, kemungkinan embrio terbentuk masih ada. (fmz/bb)

Comments
Loading...