Fenomagz
Unleash the Wild Side

Siapa Bilang Gaya Bercinta BDSM Tidak Memiliki Manfaat?

0

Meski dianggap sebagai suatu penyimpangan seksual, BDSM ternyata juga memiliki manfaat 

 

FENOMAGZ – Banyak orang berpandangan bahwa gaya bercinta ala film Fifty Shades of Grey yaitu BDSM (Bondage, Domination, Sadism, dan Masacochism) merupakan suatu penyimpangan seksual. Hal itu tentu saja karena terdapat unsur sadis dan kekerasan di dalamnya.

Namun, tahukah Fenomen jika BDSM sebenarnya punya manfaat positif bagi diri Anda? Berikut ulasannya.

bdsm

  1. Memperbaiki Komunikasi

Pasangan yang melakukan BDSM cenderung memiliki tingkat komunikasi yang lebih baik daripada yang tidak. Hal ini disebabkan karena mereka selalu mengutamakan kepuasan pasangannya, sehingga porsi mereka berdiskusi menjadi lebih banyak. Menurut seorang psikoterapis dari Chicago, Dr. Jefferey Sumber, pasangan yang melakukan BDSM akan lebih berkembang jika mengutamakan transparansi dan interaksi yang efektif.

  1. Meningkatkan Keintiman

Gaya bercinta BDSM juga dapat menambah keintiman pasangan karena BDSM melibatkan risiko fisik. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menyebut, orang-orang yang mencoba BDSM terbukti semakin intim dengan pasangannya. Tak hanya itu, kadar hormon stres atau kortisol mereka juga menurun tajam.

  1. Meningkatkan Kesetiaan

BDSM ternyata juga memiliki andil dalam meningkatkan kadar kesetiaan masing-masing pasangan. Aktivitas BDSM dipercaya dapat menghalangi orang untuk berselingkuh ataupun hal-hal yang tidak diinginkan pasangannya. Hal ini disebabkan karena energi, emosi, dan kepercayaan yang telah diberikan pada hubungan tersebut.

  1. Memperbaiki Kesehatan Mental

Dahulu, BDSM selalu dikait-kaitkan dengan siksaan, pemerkosaan, atau penyakit jiwa. Namun, sebuah penelitian tahun 2013 di Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa orang-orang yang melakukan praktek BDSM memiliki indikator kesehatan mental yang lebih baik, serta jarang gelisah, lebih terbuka, lebih peka tetapi juga lebih merasa aman dalam suatu hubungan.

Baca juga:   Waktu Yang Tepat Untuk Bercinta
  1. Menurunkan stres dan kecemasan

Meski dari luar tampak menyakitkan, nyatanya orang-orang yang terlibat dalam aktivitas BDSM justru memiliki tingkat stres yang lebih rendah ketimbang yang tidak. Diduga ini karena mereka cenderung ‘letting go’ atau pasrah pada aspek apapun yang membuat mereka cemas saat bercinta. (FMZ/PM)

Comments
Loading...