Sperma Suami yang Tidak Sehat Bisa Menyebabkan Pasangan Anda keguguran

berikut ini penjelasan mengenai sperma yang tidak sehat

FENOMAGZ – Selama ini, kebanyakan penelitian terlalu fokus pada kualitas sel telur dan kesehatan ibu hamil sebagai penyebab keguguran. Padahal, salah satu alasan ibu hamil mengalami keguguran mungkin disebabkan oleh suami dengan sprema tidak sehat.

Baca juga: Apakah Ukuran Penis Mempengaruhi Kesuburan Pria?

Beberapa penelitian belakangan ini menunjukkan bahwa ada hal lain yang menyebabkan keguguran. Tidak hanya dari wanita, pria juga bisa berperan. Kualitas sperma yang buruk dapat menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini bisa terjadi jika seorang pria memiliki kelainan kromosom dalam spermanya dan kelainan sperma lainnya seperti jumlah sperma, bentuk sperma dan pergerakan sperma.

Belum ada angka yang pasti untuk mengukur seberapa sering sperma menjadi faktor keguguran pada ibu hamil. Namun, hal ini masih mungkin terjadi, terutama pada pria yang memiliki bentuk sperma tidak normal atau pria yang memang memiliki tingkat kesuburan yang rendah.

Dalam kebanyakan kasus, di duga bahwa sistem kekebalan tubuh ibu hamil mengenali adanya sebuah masalah pada gen bayi yang sedang berkembang. Dari situ, tubuh secara otomatis mengakhiri kehamilan.

Teori lain yang cukup kuat adalah bahwa bayi yang sedang berkembang akhirnya mencapai titik dimana masalah genetik yang dibawa oleh sperma menyebabkan bayi berhenti tumbuh. Selain itu, kemungkinan hilangnya gen tertentu untuk pengembangan lanjutan dapat menyebabkan bayi atau plasenta tumbuh dengan tidak semestinya. Hal ini yang menyebabkan terjadinya beberapa jenis kelainan kromosom dan akhirnya menyebabkan keguguran. (fmz/bb)

Comments
Loading...