Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Memeriksa Kondisi Testis Sendiri

Berikut ini anjuran cara pemeriksaan testis yang bisa pria lakukan di rumah

0

FENOMAGZ – Kondisi testis besar sebelah memang kadang biki pria khawatir. Tenang, ukuran testis yang tidak sama adalah normal, dan dialami oleh kebanyakan pria. Umumnya, ukuran testis memang tidak simetris, alias tidak sama persis.

Tetapi, jika buah zakar dan skrotum (kulit pembungkus testis) Anda ukuran satu sama lainnya berbeda secara drastis, tandanya ada beberapa kondisi kesehatan yang mendasari.

Baca juga: Berhubungan Seks Ternyata Dapat Meningkatkan Kepuasan Karier

Pria perlu lebih waspada dan peduli terhadap organ kelaminnya. Maka itu, tiap pria wajib memeriksa testis sendiri secara teratur, setidaknya sebulan sekali, untuk mengetahui kondisi dan ransangan testis, sehingga kalau ada sesuatu yang janggal seperti sakit atau bengkak, bisa dideteksi lebih dini.

Berikut ini anjuran cara pemeriksaan testis yang bisa pria lakukan di rumah:

  • Pertama, copot semua pakaian Anda dan hadapkan seluruh tubuh di depan cermin. Raba dan sentuh bagian testis, dengan mencari adanya bengkak atau penebalan kulit diseluruh bagian testis. Testis umumnya tidak selalu sama persis ukurannya. Jadi kalau tidak simetris atau sama persis, itu normal.
  • Sentuh dengan kedua tangan Anda, periksa satu persatu testis dengan teliti. Letakkan jari-jari Anda di belakang skrotum dan ibu jari Anda dibagian atas skrotum. Lalu, tekan lembut testis antara ibu jari dan jari-jari.
  • Jika Anda merasakan urat yang terhubung disisi atas dan belakang testis, itu disebut epididimis. Epididimis, lebarnya sekitar 2,5 cm dan sensitif pada rangsangan. Tenang saja, itu adalah bagian dari organ penis Anda.
  • Periksa tiap sisi dan bagian dengan lembut, apakah ada rasa sakit, keras, kulit yang menebal, atau benjolan pada testis. Jika terdapat salah satu diantaranya, lebih baik segera periksakan ke dokter kelamin untuk mendapat diagnosis dan penanganan lebih lanjut. (fmz/bb)
Baca juga:   5 Hal yang Diam-Diam Dapat Membuat Wanita Horny

 

Comments
Loading...