3 Cara Cegah dan Atasi Pembengkakan Prostat

Berikut ini 3 cara mencegah dan mengatasi pembengkakan prostat

Judi

judi

FENOMAGZ – Untuk menghindari dampak negatif pembengkakan prostat pada kehidupan seksual Anda, lakukan cara-cara di bawah ini untuk mencegah dan mengatasi permasalahan prostat yang Anda miliki.

Baca juga: Benarkah Wanita Yang Berbulu Lebat Memiliki Nafsu Seks Yang Tinggi?

Berikut ini 3 cara mencegah dan mengatasi pembengkakan prostat:

Menerapkan gaya hidup sehat

Dosen urologi di Southern Illinois University School of Medicine, dr. Kevin T. McVary menyatakan beberapa faktor risiko pembengkakan prostat dan impotensi sama dengan faktor risiko untuk penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu, ubah gaya hidup Anda dengan menerapkan pola makan serta pola hidup yang sehat untuk menjaga keseluruhan tubuh yang menghindari Anda dari masalah seksual.

Lebih jauh, dr. Y. Mark Hong, pakar urologi di Phoenix, Amerika Serikat menyarankan pria untuk menghindari makanan kemasan yang sudah diproses berkali-kali di pabrik. Usahakan untuk memilih makanan yang masih segar. Ikan salmon, misalnya, merupakan makanan antiradang yang kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan prostat. Selain itu, sayuran seperti brokoli, bayam, dan kembang kol juga baik untuk kesehatan prostat.

Tak hanya itu, Anda juga perlu menjaga berat badan tetap ideal dan sehat. Untuk itu, lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Konsultasikan pada dokter Anda jenis olahraga apa yang baik untuk pasien pembengkakan prostat.

Minum obat untuk impotensi

Obat untuk impotensi juga bisa membantu meringankan pembengkakan prostat. Akan tetapi, obat ini tidak bisa digunakan untuk semua orang dengan pembengkakan prostat. Orang dengan BPH yang memiliki riwayat serangat jantung, stroke, dan hipertensi tidak disarankan untuk mengonsumi pil ini. Lebih jelasnya, tanyakan langsung pada dokter yang menangani Anda.

Pembedahan

Jika obat-obatan tidak mempan, dokter biasanya akan menganjurkan operasi. Berikut empat jenis pembedahan yang biasanya dilakukan.

  • TURP (transurethral resection of the prostate), pembedahan dengan menghilangkan beberapa jaringan prostat. Sayangnya, prosedur ini sering berdampak masalah ejakulasi dan impotensi.
  • TUIP (transurethral incision of the prostate), yaitu pembuatan alur di prostat.
  • TUMT (thermotherapy microwave transurethral), yakni penghancuran jaringan prostat berlebih menggunakan gelombang mikro.
  • Pengangkatan uretra prostat, di mana jaringan prostat dipindahkan jauh dari uretra. (fmz/bb)
Comments
Loading...