advertisement

3 Cara Mencegah Vagina Gatal

Berikut ini 3 cara mencegah vagina gatal

judi

FENOMAGZ – Gatal pada vagina memang sangat tidak nyaman. Namun hal ini merupakan masalah yang umum di alami oleh banyak wanita. Gatal pada daerah miss V membuat kita jadi tidak tenang. Mungkin juga bisa membuat kita malu, terutama jika sedang berada di tempat umum. Oleh karena itu kadang perlu dianggap serius dan tidak bisa di biarkan begitu saja. Vagina gatal bisa di sebabkan oleh berbagai hal, salah satu penyebabnya yaitu infeksi candida atau candidiasis. Infeksi ini disebabkan oleh jamur Candida albicans.

Baca juga: Benarkah Selaput Dara Robek, Artinya Sudah Tidak Perawan?

Berikut ini 3 cara mencegah vagina gatal:

Jaga vagina agar tetap kering

Vagina yang lembap karena keringat dan air merupakan salah satu penyebab bakteri dan jamur berkembang biak, menyebabkan infeksi dan rasa gatal pada vagina. Sehingga, salah satu cara untuk dapat membuat vagina Anda terhindar dari rasa gatal adalah tetap membuatnya dalam keadaan kering dan bebas dari lembab. Anda dapat memakai bedak antibakteri yang ringan untuk menjaga vagina dari kelembaban.

Jaga kebersihan vagina

Untuk selalu menjaga kebersihan vagina, Anda dapat mencuci daerah vagina dengan air dan sabun tanpa pengharum. Lakukan ini secara teratur setiap hari, tetapi tidak lebih dari satu kali. Terlalu sering mencuci vagina dapat membuat daerah vagina menjadi kering dan hal ini tidak baik.

Selain itu, Anda juga harus menghindari pemakaian pembalut, panty liner, tisu toilet, atau semprotan vagina yang mengandung pengharum, dan jangan lakukan douching (mencuci vagina dengan larutan kimia).

Gunakan pakaian yang agak longgar

Jika Anda memakai pakaian yang terlalu ketat, Anda lebih mungkin membuat vagina Anda lebih lembab. Menggunakan pakaian yang lebih longgar membuat aliran udara dapat masuk, sehingga membantu vagina agar tetap kering.

Jika vagina Anda masih terasa sangat gatal walaupun Anda sudah melakukan usaha seperti di atas, sebaiknya periksakan segera ke dokter Anda. (fmz/bb)

Comments
Loading...