4 Tips Buat Anda yang Ingin Memeriksa Testis Sendiri

Berikut ini 4 cara memeriksa testis yang bisa di lakukan di rumah

FENOMAGZ – Balanitis bisa terjadi pada pria dewasa apabila ia melakukan hubungan seksual yang tidak aman dan tidak sehat. Apabila pasangan wanitanya sedang mengalami infeksi atau luka pada vagina, maka laki-laki tersebut bisa tertular dan berisiko mengalami balanitis. Selain itu penyakit seks menular seperti herpes genital, chlamydia, dan sipilis juga dapat menyebabkan balanitis.

Baca juga: 3 Risiko Yang Akan Di Terima Jika Memakai Pelumas Seks

Berikut ini 4 cara memeriksa testis yang bisa di lakukan di rumah:

  • Pertama, copot semua pakaian Anda dan hadapkan seluruh tubuh di depan cermin. Raba dan sentuh bagian testis, dengan mencari adanya bengkak atau penebalan kulit di seluruh bagian testis. Ingat! Testis umumnya tidak selalu sama persis ukurannya. Jadi kalau tidak simetris atau sama persis, itu normal.
  • Sentuh dengan kedua tangan Anda, periksa satu persatu testis dengan teliti. Letakkan jari-jari Anda di belakang skrotum dan ibu jari Anda di bagian atas skrotum. Lalu, tekan lembut testis antara ibu jari dan jari-jari.
  • Jika Anda merasakan urat yang terhubung di sisi atas dan belakang testis, itu disebut epididimis. Epididimis, lebarnya sekitar 2,5 cm dan sensitif pada rangsangan. Tenang saja, itu adalah bagian dari organ penis Anda.
  • Periksa tiap sisi dan bagian dengan lembut, apakah ada rasa sakit, keras, kulit yang menebal, atau benjolan pada testis. Jika terdapat salah satu di antaranya, lebih baik segera periksakan ke dokter kelamin untuk mendapat diagnosis dan penanganan lebih lanjut. (fmz/bb)
Comments
Loading...