advertisement

5 Langkah Awal Atasi Insomnia

Berikut solusi awal bila Anda terkena insomnia

judi

FENOMAGZ – Insomnia memang kerap terjadi pada siapa saja. Seperti pada Aktor Tora Sudiro yang mengaku mengkonsumsi pil Dumolid karena mengalami insomnia. Namun, dia tidak mendapatkan obat tidur berjenis psikotropika golongan 4 tersebut dari dokter.

Terlepas dari kasus yang menjerat Aktor Tora Sudiro, insomnia memang kerap terjadi pada masyarakat, terutama masyarakat perkotaan. Penyebabnya bisa di sebabkan oleh stres, depresi atau jet lag.

Salah seorang pakar mengatakan perlu melalukan perubahan gaya hidup sehat saat terkena insomnia. Berikut solusi awal bila Anda terkena insomnia:

Tidur terjadwal

National Sleep Foundation merekomendasikan agar setiap orang memiliki jadwal tidur yang rutin. Penting untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya termasuk saat akhir pekan. Menjaga kebersihan tempat tidur dan pakaian itu juga penting.

Baca juga: Ikuti 5 Tips Seks Panas Ala Bintang Porno

Tidak makan berlebih saat malam hari

Solusi untuk insomnia bukan hanya tentang jam tidur, tapi juga makanan yang di santap. Di sarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan berlebihan di malam hari. Singkirkan makanan berminyak dan tinggi lemak di menu makan malam Anda.

Tidak meminum kopi sesudah pukul 13.00

Kerja kafein dalam tubuh berlangsung selama tujuh jam, jadi pastikan tidak lagi minum kopi atau minuman yang mengandung kafein jika sudah lewat tengah hari. Minum kopi di sore atau malam bukan hanya berpengaruh terhadap kantuk tapi juga kualitas tidur.

Olahraga teratur

Entah pagi atau sore, rutinlah berolahraga 3-5 kali perminggu. Sebuah studi menunjukan olahraga teratur membantu orang yang insomnia jadi tidak terlalu depresi dan lebih berenergi.

Yoga

Lakukan yoga sebelum tidur akan membantu tubuh dan pikiran beristirahat. Anda bahkan dapat melakukannya ketika diatas kasur. (fmz/bb)

Comments
Loading...