5 Tips Jitu Hindari Jet Lag

Berikut ini 5 tips jitu menghindari jet lag

FENOMAGZ – Jet lag atau mabuk pasca terbang adalah kondisi dimana tubuh mengalami gangguan ritme tidur karena perjalanan jarak jauh dengan menggunakan pesawat terbang. Jika Anda termasuk orang-orang yang sering menderita jet lag, sebaiknya Anda menyimak tips jitu bagaimana cara untuk menghindarinya.

Baca juga: 5 Kanker Yang Menjadi Mimpi Buruk Pria

Berikut ini 5 tips jitu menghindari jet lag:

Kurangi porsi tidur

Jika Anda biasa tidur 8 atau 9 jam per hari, maka kurangi porsi tidur Anda setengah dari waktu tersebut. Dengan mengurangi jatah tidur, Anda akan merasa cukup lelah ketika mendarat dan memudahkan Anda untuk beristirahat dengan cepat.

Hindari kopi

Kopi mengandung kafein yang akan membuat Anda tetap terjaga, maka hindari minum kopi sebelum, selama, dan setelah penerbangan. Hindari juga alkohol karena minuman tersebut memiliki pengaruh yang sama seperti kopi. Minum teh akan lebih baik untuk membuat tubuh lebih rileks.

Makanan ringan

Mengkonsumsi makanan ringan selama penerbangan akan membantu Anda untuk mengurangi rasa mual yang berujung pada jet lag setelah mendarat. Jangan memakan makanan yang terlalu berat, seperti nasi atau roti yang mengandung karbohidrat. Perut yang terisi penuh makanan juga memicu rasa mual.

Adaptasi waktu

Jangan terlalu memikirkan waktu di tempat yang Anda tinggalkan. Hal yang lebih penting adalah waktu tempat tujuan Anda. Anda harus bisa beradaptasi dengan hari dan jam dimana Anda akan mendarat dan menyesuaikan jadwal aktifitas serta tidur Anda yang baru.

Melatonin

Beberapa orang juga menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen melatonin, Anda akan mampu mengurangi gejala jet lag yang Anda alami. (fmz/bb)

Comments
Loading...