advertisement

5 Tips Jitu Mencegah Penularan Penyakit HIV

Berikut ini 5 Tips Jitu mencegah penularan penyakit HIV

judi

FENOMAGZ – HIV Merupakan salah satu jenis penyakit menular yang menyerang sistem kekebalan tubuh penderitanya. Penyakit menular HIV secara drastis bisa dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga memungkinkan untuk terkena penyakit, bakteri, virus dan infeksi lainnya menyerang tubuh. Penyakit menular HIV juga dapat ditularkan melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, air mani, dan cairan vagina dari orang yang terinfeksi.

Baca juga: 5 Alasan Wanita Tidak Mau Melakukan Seks Oral

Berikut ini 5 Tips Jitu mencegah penularan penyakit HIV:

Melakukan seks dengan aman

Jika Anda tidak tahu status HIV pasangan seks Anda, maka selalu gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Kondom adalah bentuk perlindungan paling efektif melawan HIV dan penyakit menular seksual lainnya. Penting bagi Anda untuk memakai kondom sebelum melakukan kontak seksual apa pun yang berkaitan dengan penis, vagina, mulut, atau anus.

Selektif dalam memilih pasangan seks

Pastikan jika pasangan Anda tidak terinfeksi HIV sebelum melakukan hubungan seksual. Bila perlu, ajak pasangan Anda melakukan tes skrining untuk memastikan keadaannya. Tanyakan juga riwayat hubungan seksual pasangan Anda, mulai dari jumlah partner seksualnya serta jenis pengamanan yang digunakannya. Yang harus diingat, seseorang bisa saja terkena penyakit menular seksual tanpa menyadarinya.

Tidak berbagi jarum suntik

Jarum suntik bisa meningkatkan risiko Anda terinfeksi HIV dan virus lain yang ada di dalam darah, misalnya hepatitis C. Jika Anda ingin membuat tato atau tindik, pastikan Anda melakukannya di tempat profesional yang sudah terjamin keamanannya. Jangan lupa, pastikan jika jarum yang digunakan steril.

Hindari kontak langsung dengan darah ataupun cairan tubuh orang lain

Anda tidak pernah tahu siapa yang memiliki HIV, karena dalam banyak kasus, penderita tidak tahu jika ia telah terinfeksi. Itu sebabnya, hindari menyentuh darah orang lain jika memungkinkan, dan hindari juga kontak dengan cairan tubuh lainnya yang dapat menyebarkan HIV.

Segera mencari pengobatan medis jika Anda hamil

Jika Anda kemudian hamil dan khawatir bahwa Anda mungkin memiliki HIV, lakukanlah tes dan cari bantuan medis dengan segera. Pencegahan penyebaran HIV kepada anak Anda mungkin untuk dilakukan. (fmz/bb)

Comments
Loading...